kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Israel akan melarang masuknya orang asing dari semua negara, cegah penyebaran Omicron


Minggu, 28 November 2021 / 08:02 WIB
Israel akan melarang masuknya orang asing dari semua negara, cegah penyebaran Omicron
ILUSTRASI. Israel mengatakan akan melarang masuknya semua orang asing ke negara itu untuk mencegah varian Omnicron. REUTERS/Amir Cohen


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - YERUSALEM. Israel mengatakan akan melarang masuknya semua orang asing ke negara itu, menjadikannya negara pertama yang menutup perbatasannya sepenuhnya sebagai tanggapan terhadap varian virus corona baru dan berpotensi lebih menular, dan mengatakan akan menggunakan teknologi pelacakan telepon kontra-terorisme untuk menahan penyebaran varian Omicron.

Mengutip Reuters, Minggu (28/11), Perdana Menteri Naftali Bennett mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa larangan itu, sambil menunggu persetujuan pemerintah, akan berlangsung selama 14 hari. 

Para pejabat berharap dalam periode itu akan ada lebih banyak informasi tentang seberapa efektif vaksin Covid-19 terhadap Omicron, yang pertama kali terdeteksi di Afrika Selatan dan telah dijuluki sebagai "varian perhatian" oleh Organisasi Kesehatan Dunia.

"Hipotesis kerja kami adalah bahwa varian tersebut sudah ada di hampir setiap negara," kata Menteri Dalam Negeri Ayelet Shaked kepada "Meet the Press" N12, "dan bahwa vaksin itu efektif, meskipun kami belum tahu sampai sejauh mana."

Orang Israel yang memasuki negara itu, termasuk mereka yang divaksinasi, akan diminta untuk dikarantina, kata Bennett. 

Larangan akan mulai berlaku pada tengah malam antara hari Minggu dan Senin. Larangan perjalanan pada orang asing yang datang dari sebagian besar negara bagian Afrika diberlakukan pada hari Jumat.

Baca Juga: Mengenal Omicron, varian baru Covid-19 yang bikin cemas dunia

Teknologi pelacakan telepon agen kontra-terorisme Shin Bet akan digunakan untuk menemukan operator varian baru untuk mengekang transmisi ke orang lain, kata Bennett.

Digunakan dan dimatikan sejak Maret 2020, teknologi pengawasan mencocokkan lokasi pembawa virus dengan ponsel lain di dekatnya untuk menentukan dengan siapa mereka melakukan kontak. 

Mahkamah Agung Israel tahun ini membatasi ruang lingkup penggunaannya setelah kelompok hak-hak sipil mengajukan tantangan atas masalah privasi.

Varian, yang juga telah terdeteksi di Belgia, Botswana, Hong Kong, Italia, Jerman dan Inggris, telah memicu kekhawatiran global dan gelombang pembatasan perjalanan, meskipun ahli epidemiologi mengatakan pembatasan tersebut mungkin sudah terlambat untuk menghentikan Omicron beredar secara global.

Israel sejauh ini mengkonfirmasi satu kasus Omicron, dengan tujuh kasus yang dicurigai. Kementerian Kesehatan belum mengatakan apakah kasus yang dikonfirmasi itu divaksinasi. 

Tiga dari tujuh kasus yang dicurigai telah divaksinasi penuh, kata kementerian itu pada hari Sabtu, dan tiga belum kembali dari perjalanan ke luar negeri baru-baru ini.

Baca Juga: Ada varian baru Covid-19, WTO tunda pertemuan tingkat menteri

Sekitar 57% dari 9,4 juta penduduk Israel telah divaksinasi penuh, menurut Kementerian Kesehatan, yang berarti mereka telah menerima suntikan ketiga vaksin Pfizer/BioNtech atau belum lima bulan sejak mereka menerima dosis kedua. 

Israel telah mencatat 1,3 juta kasus Covid-19 yang dikonfirmasi dan lebih dari 8.000 kematian sejak pandemi dimulai.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×