kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Israel Belum Bisa Membuktikan Keterlibatan Staf UNRWA dengan Hamas


Selasa, 23 April 2024 / 07:53 WIB
Israel Belum Bisa Membuktikan Keterlibatan Staf UNRWA dengan Hamas
ILUSTRASI. Truk bantuan tiba di fasilitas penyimpanan PBB ketika konflik antara Israel dan kelompok Islam Palestina Hamas berlanjut, di Jalur Gaza tengah 21 Oktober 2023. REUTERS/Mohammed Salem


Penulis: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - Israel hingga saat ini rupanya masih belum bisa memberikan bukti atas tuduhannya yang menyebut ratusan staf badan PBB untuk pengungsi Palestina (UNRWA) telah melakukan aksi terorisme dengan Hamas pada serangan Oktober 2023 lalu.

Pada bulan Februari lalu, israel menuduh 12 staf UNRWA ikut serta dalam serangan 7 Oktober yang dipimpin Hamas yang memicu perang di Gaza.

Pekan lalu, PBB mengatakan bahwa Kantor Layanan Pengawasan Internal (OIOS) PBB telah mengadakan sejumlah pertemuan dan kerja sama dengan otoritas Israel mengenai hal ini.

"Israel membuat klaim publik bahwa sejumlah besar pegawai UNRWA adalah anggota organisasi teroris. Namun, Israel belum memberikan bukti pendukung mengenai hal tersebut," ungkap laporan OIOS hari Senin (22/4), dikutip Reuters.

Baca Juga: UNRWA: Bencana Kelaparan di Gaza adalah Ciptaan Manusia

PBB telah menunjuk mantan Menteri Luar Negeri Perancis, Catherine Colonna, untuk memimpin peninjauan terhadap UNRWA terkait kemampuan badan tersebut bersikap netral dalam menanggapi tuduhan.

Pada bulan Maret, tuduhan Israel terhadap UNRWA semakin kerat. Mereka mengatakan lebih dari 450 staf UNRWA adalah anggota militer dalam kelompok teroris Gaza.

UNRWA mempekerjakan 32.000 orang di seluruh wilayah operasinya, 13.000 di antaranya berada di Gaza.

UNRWA memberikan pendidikan, kesehatan dan bantuan kepada jutaan warga Palestina di Gaza, Tepi Barat, Yordania, Lebanon dan Suriah. Badan ini setiap tahunnya membagikan daftar staf kepada Otoritas Palestina, Israel, Yordania, Lebanon, dan Suriah.

Awal pekan ini juru bicara Kementerian Luar Negeri Israel, Oren Marmorstein, menuduh lebih dari 2.135 pekerja UNRWA menjadi anggota Hamas atau Jihad Islam yang berbasis di Palestina.

Baca Juga: Sekjen PBB: Komitmen Israel untuk Membantu Warga Gaza Sangat Lemah

Marmorstein bahkan merendahkan penyelidikan yang dipimpin oleh Colonna, menyebutnya sebagai upaya untuk menghindari masalah.

"Laporan Colonna mengabaikan parahnya permasalahan yang ada, dan hanya menawarkan solusi kosmetik yang tidak sesuai dengan besarnya cakupan infiltrasi Hamas ke UNRWA," kata Marmorstein.

Marmorstein menambahkan, Israel meminta para negara donor untuk tidak memberikan uang kepada UNRWA di Gaza dan mengalihkan uangnya untuk mendanai organisasi kemanusiaan lainnya di wilayah tersebut.

Tuduhan Israel terhadap UNRWA menyebabkan 16 negara menghentikan sementara atau menangguhkan pendanaan sebesar US$450 juta untuk badan tersebut.

Terhentinya dukungan dana membuat UNRWA semakin sulit menghadapi krisis kemanusiaan yang melanda Gaza sejak Israel melancarkan serangannya di sana.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×