kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jadi Pemimpin G20, Indonesia Kembali Dapat Pujian


Rabu, 16 Februari 2022 / 10:11 WIB
Jadi Pemimpin G20, Indonesia Kembali Dapat Pujian
ILUSTRASI. Jadi Pemimpin G20, Indonesia Kembali Dapat Pujian


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON DC. Presidensi Indonesia di G20 kembali mendapat apresiasi dari dunia internasional. Terbaru Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken memuji kepemimpinan Indonesia dalam G20 tahun 2022.

Pujian presidensi Indonesia di G20 itu dia sampaikan saat memberikan sambutan dalam acara “Covid-19 Global Action Meeting” pada Senin (14/2/2022). "Kita harus menatap masa depan dan memperkuat keamanan kesehatan global untuk menghadapi keadaan darurat berikutnya," kata Blinken.

Dia memberikan contoh upaya dalam memperkuat keamanan kesehatan global ini, yakni memastikan pendanaan berkelanjutan untuk tanggap dan kesiapsiagaan pandemi Covid-19, termasuk lembaga-lembaga internasional yang kokoh secara finansial. Selain itu, adanya pendanaan baru dari Bank Dunia yang secara khusus menitikberatkan pada kapasitas yang dibutuhkan untuk mencegah, mendeteksi, dan menghadapi ancaman di masa depan.

"Dan, saya ingin memuji Indonesia karena kepemimpinannya di G20 tahun ini telah menggerakkan kita semua dalam hal ini (berbagai Aksi Global Covid-19)," ujar Blinken, dalam pidato yang salinannya diterima Kompas.com dari Kedutaan Besar AS untuk Indonesia, Selasa (15/2/2022).

Baca Juga: AS Memuji Indonesia dalam Kepemimpinan di G20

Dia menegaskan, AS akan terus menyediakan vaksin Covid-19 ke seluruh dunia melalui COVAX. Hingga kini, menurut Blinken, AS telah menyalurkan lebih dari 435 juta dosis vaksin yang aman, efektif, dan bebas biaya, tanpa ikatan politik, sebagai bagian dari komitmen keseluruhan AS untuk menyediakan 1,2 miliar dosis vaksin pada akhir tahun ini.

"Ini mencakup donasi terbaru kami sebanyak lima juta dosis vaksin Johnson & Johnson kepada African Vaccine Acquisition Trust, sebuah upaya inovatif yang dilakukan Uni Afrika untuk membantu negara-negara Afrika yang lebih kecil bernegosiasi sebagai sebuah kelompok untuk pembelian vaksin," imbuhnya.

Sebelumnya, presidensi Indonesia di G20 juga mendapat pujian dari mantan Perdama Menteri Inggris, Tony Blair. Menurut Tony Blair, presidensi Indonesia di G20 bisa menyatukan dunia di tengah perang dagang Amerika Serikat vs China.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Menlu AS Puji Kepemimpinan Indonesia dalam G20",


Penulis : Irawan Sapto Adhi
Editor : Irawan Sapto Adhi




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×