Jeff Bezos dan Elon Musk sama-sama bersaing dapat gelar miliarder terpelit dunia

Senin, 11 Oktober 2021 | 06:54 WIB Sumber: businessinsider.com
Jeff Bezos dan Elon Musk sama-sama bersaing dapat gelar miliarder terpelit dunia

ILUSTRASI. Jeff Bezos dan Elon Musk bersaing untuk mendapatkan gelar yang bahkan kurang diinginkan: Miliarder Paling Pelit di Dunia.


KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Jeff Bezos dan Elon Musk kerap berselisih tentang siapa yang lebih kaya dan siapa yang lebih sadar hukum. Di sisi lain, para raksasa bisnis ini termasuk di antara sekelompok miliarder yang bersaing untuk mendapatkan gelar yang bahkan kurang diinginkan: Miliarder Paling Pelit di Dunia.

Melansir Business Insider yang mengutip Forbes Philanthropy Score, meskipun pasar saham era pandemi yang melonjak telah menggelembungkan kekayaan miliarder ke level rekor, orang-orang terkaya di dunia telah memilih untuk tidak mengimbangi pemberian amal mereka.

Tim di Forbes menjumlahkan semua pemberian "out-the-door" seumur hidup yang telah dilakukan seseorang, dan membagi jumlah itu dengan jumlah total kekayaan mereka saat ini dan jumlah total pemberian. Hasilnya dikategorikan ke dalam lima tingkatan: kurang dari 1%; antara 1% dan 5%; antara 5% dan 10%; antara 10% dan 20%; dan 20% atau lebih.

Yayasan swasta dan dana yang disarankan oleh donor tidak diperhitungkan untuk ukuran Forbes, karena "sumbangan" itu secara efektif tetap berada di bawah kendali donor, dan juga datang dengan manfaat besar yang memungkinkan orang kaya untuk menghindari membayar pajak.

Baca Juga: 10 Daftar orang terkaya Indonesia versi Forbes pekan ini

Jika rumah tangga Amerika rata-rata memberikan US$ 1.200 untuk amal di seluruh hidup mereka berdasarkan kekayaan bersih saat ini sekitar US$ 120.000, Forbes akan menganggap itu lebih murah hati daripada Bezos dan Musk berdasarkan metrik ini.

Dari 400 miliarder dalam daftar tahun ini, hanya 19 yang memberikan 10% atau lebih dari kekayaan mereka. Sementara rekor tertinggi, ada 156 miliarder yang telah memberikan kurang dari 1%. Saat Bezos dan Musk belum mencapai 1%, MacKenzie Scott telah meninggalkan mereka dengan memberikan 13% dari kekayaannya. Bahkan dengan kecepatan memberi, Scott sekarang lebih kaya daripada tahun lalu.

Baca Juga: Posisi Mukesh Ambani sebagai orang terkaya di India tak tergoyahkan

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru