kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.404.000   0   0,00%
  • USD/IDR 16.245
  • IDX 7.314   -8,12   -0,11%
  • KOMPAS100 1.146   -0,08   -0,01%
  • LQ45 923   0,02   0,00%
  • ISSI 219   1,20   0,55%
  • IDX30 461   -1,29   -0,28%
  • IDXHIDIV20 553   -2,77   -0,50%
  • IDX80 129   0,20   0,16%
  • IDXV30 130   -1,13   -0,86%
  • IDXQ30 155   -0,81   -0,52%

Kaisar Jepang Naruhito Akhirnya Menjalani Kunjungan Kenegaraan ke Inggris


Sabtu, 22 Juni 2024 / 06:34 WIB
Kaisar Jepang Naruhito Akhirnya Menjalani Kunjungan Kenegaraan ke Inggris
ILUSTRASI. Japan's new Prime Minister Fumio Kishida (R) is formally inaugurated in a ceremony with Emperor Naruhito (L) at the Imperial Palace in Tokyo on Oct. 4, 2021. In the center is Kishida's predecessor Yoshihide Suga.


Sumber: Reuters | Editor: Syamsul Azhar

KONTAN.CO.ID - LONDON - Kaisar Naruhito dan permaisurinya memulai kunjungan selama sepekan ke Inggris pada hari Sabtu. Keduanya akan mengunjungi Universitas Oxford, tempat mereka berdua pernah belajar, serta menghadiri jamuan makan malam kenegaraan bersama Raja Charles. Namun, tidak ada rencana untuk bertemu dengan Perdana Menteri Rishi Sunak.

Naruhito dan permaisurinya, Permaisuri Masako, seharusnya melakukan perjalanan ini pada tahun 2020 ketika Ratu Elizabeth masih hidup, tetapi ditunda karena pandemi COVID-19.

Kunjungan luar negeri pertama mereka bersama setelah penobatannya adalah ke pemakaman Elizabeth pada tahun 2022. Menjelang kunjungan kenegaraan, Naruhito (64 tahun) berbicara tentang kebaikan yang ditunjukkan keluarga kerajaan Inggris kepadanya ketika ia tiba di Inggris untuk belajar di awal 1980-an.

Dia mengenang bagaimana mendiang ratu pernah mengundangnya ke Istana Buckingham untuk minum teh yang dibuatnya sendiri.

"Saya memiliki kenangan indah tentang keramahan yang menghangatkan hati yang saya terima dari Yang Mulia Ratu dan keluarga kerajaan, membuat saya merasa seperti bagian dari keluarga mereka," katanya dalam konferensi pers yang diadakan di Tokyo.

Kunjungan kaisar ini adalah kunjungan kenegaraan ketiga di masa pemerintahan Charles, tetapi yang pertama sejak diumumkan awal tahun ini bahwa dia telah didiagnosis menderita kanker.

Baca Juga: Raja Charles Akan Melanjutkan Tugas Publik Setelah Diagnosis Kanker

Naruhito mengatakan dia bersyukur raja akan menjamu mereka meskipun sedang sakit, dan dia juga menyampaikan harapan baik kepada menantu perempuan Charles, Kate, istri dari putra mahkota Pangeran William, yang sedang menjalani perawatan kemoterapi pencegahan untuk kanker.

"Saya mengerti bahwa mereka berdua sedang melalui masa sulit, tetapi saya berdoa agar perawatan mereka berjalan lancar dan mereka dapat pulih dengan cepat," ujarnya.

Alasan resmi kunjungan ini adalah untuk merayakan hubungan panjang antara kedua keluarga kerajaan, dan untuk menunjukkan hubungan yang mendalam antara kedua negara.

Namun, keluarga kerajaan Jepang juga menggunakannya sebagai kesempatan untuk kembali ke Oxford di mana mereka berdua pernah belajar di waktu yang berbeda. Kaisar Naruhito akan mengunjungi penghalang banjir Sungai Thames yang pernah dia teliti saat kuliah di sana.

Baca Juga: Kate Middleton Muncul di Hadapan Publik, Perdana Setelah Didiagnosis Kanker

Kunjungan ini bertepatan dengan kampanye untuk pemilihan umum Inggris pada 4 Juli, dan seorang pejabat Kementerian Luar Negeri Jepang mengatakan tidak ada rencana untuk bertemu dengan perdana menteri.

Acara kenegaraan resmi dalam kunjungan ini dimulai pada hari Selasa ketika Pangeran William akan secara resmi menyambut kaisar, sebelum prosesi kereta kencana besar di sepanjang The Mall menuju Istana Buckingham di mana akan ada jamuan makan malam kenegaraan.

Selama perjalanan, Naruhito juga akan secara pribadi mengunjungi Kapel St. George di Kastil Windsor untuk meletakkan karangan bunga di makam Ratu Elizabeth.




TERBARU
Kontan Academy
[ntensive Boothcamp] Business Intelligent with Ms Excel Pre-IPO : Explained

[X]
×