kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kajian tarif AS mempertimbangkan kekurangan komoditas dan inflasi


Sabtu, 15 Mei 2021 / 06:00 WIB
Kajian tarif AS mempertimbangkan kekurangan komoditas dan inflasi


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Ekonom terkemuka Gedung Putih mengatakan, pemerintahan Joe Biden menimbang kekhawatiran tentang kekurangan komoditas dan inflasi saat meninjau kebijakan tarif perdagangan.

Mengutip Reuters, Sabtu (15/5), permintaan yang kuat untuk barang-barang konsumen dan produk lainnya dalam ekonomi AS yang masih dilanda pandemi Covid-19 menyebabkan kekurangan komoditas mulai dari kayu hingga chip komputer.

Ditanya apakah penurunan tarif akan membantu mengatasi kekurangan dan inflasi, Cecilia Rouse, ketua Dewan Penasihat Ekonomi Gedung Putih, mengatakan kepada wartawan pada jumpa pers pada hari Jumat, "Perwakilan perdagangan kami sedang melihat semua faktor ini." 

Seorang juru bicara Perwakilan Dagang AS Katherine Tai tidak menanggapi permintaan komentar.

Permintaan komoditas yang kuat dan kenaikan harga yang diakibatkannya merupakan beberapa faktor yang memicu kekhawatiran inflasi.

Baca Juga: Penjualan ritel AS tak berubah pada April

Amerika Serikat adalah importir barang terbesar di dunia, dengan sekitar US$ 2,5 triliun pada 2019, dan setiap pemotongan tarif untuk mengurangi kekurangan dan harga tinggi dapat berdampak luas. 

Amerika Serikat saat ini mengenakan tarif rata-rata 19,3% untuk impor dari China dan 3% untuk impor dari seluruh dunia, menurut Peterson Institute for International Economics.

Harga impor naik untuk enam bulan berturut-turut di bulan April, mengangkat kenaikan tahun ke tahun menjadi 10,6%, terbesar sejak Oktober 2011, data Departemen Tenaga Kerja menunjukkan pada hari Jumat.

Harga yang lebih tinggi pada mobil, rumah dan komputer, yang menggerogoti pendapatan dan dapat menggagalkan pemulihan ekonomi, telah menjadi salah satu perhatian utama Presiden Joe Biden - bersama dengan pengendalian pandemi - sejak ia menjabat pada bulan Januari.

Namun pemerintahannya sejauh ini sebagian besar terjebak dengan pajak yang diberlakukan oleh pemerintahan Trump yang menambah biaya barang, termasuk baja dan aluminium, yang diimpor dari luar negeri. Sejauh ini, Gedung Putih mengabaikan tanda-tanda inflasi sebagai hal yang cepat berlalu.

Anggota parlemen dari kedua partai politik telah mendesak keringanan dari tarif tersebut, seperti halnya perusahaan.

Bulan lalu, sekelompok bipartisan yang terdiri dari 40 senator AS meminta untuk memulai sebuah proses yang memungkinkan bisnis AS mendapatkan keringanan dari tarif barang-barang China yang diberlakukan oleh Trump.

Rouse menyarankan bahwa pertimbangan yang lebih besar daripada inflasi dan pemulihan ekonomi saat ini tetap berperan.

"Kebijakan perdagangan adalah masalah yang jauh lebih besar dan itu perlu diselesaikan dalam konteks mitra global kami dan sebagai bagian dari ekonomi global yang berjalan dengan baik dan efisien," katanya.

Selanjutnya: Kekhawatiran terhadap inflasi AS mulai reda, bursa Asia ditutup menghijau




TERBARU

[X]
×