kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kalahkan Jepang & Rusia, Indonesia Masuk Daftar 5 Ekonomi Terbesar Dunia di 2075


Sabtu, 04 November 2023 / 05:41 WIB
Kalahkan Jepang & Rusia, Indonesia Masuk Daftar 5 Ekonomi Terbesar Dunia di 2075
ILUSTRASI. Amerika tidak akan menjadi salah satu dari dua negara dengan perekonomian terbesar di dunia pada tahun 2075. REUTERS/Tyrone Siu


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Pada tahun 2022 dan 2023, perekonomian global mengalami kesulitan yang signifikan setelah rekor inflasi melanda sebagian besar negara di dunia. 

Kondisi ini diikuti oleh kebijakan bank sentral yang menaikkan suku bunga dalam upaya mengendalikan inflasi seiring dengan melambatnya aktivitas dan pertumbuhan ekonomi. 

Mengutip Insider Monkey, dampak ini juga dirasakan di negara-negara dengan perekonomian terbesar di dunia pada tahun 2075.  

Peningkatan belanja konsumen, kontribusi ekspor yang lebih tinggi, investasi perumahan dan belanja pemerintah yang lebih tinggi semuanya berkontribusi pada kinerja yang lebih baik dari negara paling maju di dunia ini.

Meskipun sebagian besar negara yang termasuk dalam perekonomian terbesar di dunia pada tahun 2030 juga akan masuk dalam 20 perekonomian teratas di dunia pada tahun 2075, masih terdapat beberapa kejutan. 

Kejutan terbesarnya adalah Amerika tidak akan menjadi salah satu dari dua negara dengan perekonomian terbesar di dunia pada tahun 2075! 

Salah satu alasan mengapa negara-negara maju kesulitan untuk tumbuh pada tingkat yang sehat adalah karena tingkat pertumbuhan penduduk yang lebih rendah. 

Negara-negara dengan tingkat kesuburan tertinggi sebagian besar berada di negara-negara berkembang. Inilah sebabnya mengapa Negara Berkembang memiliki tingkat pertumbuhan yang jauh lebih tinggi dibandingkan Negara Maju.  

Baca Juga: Ekonomi Indonesia Kuartal III-2023 Diprediksi Tumbuh 4,94%

Adapun perekonomian terbesar di dunia pada tahun 2050 adalah China, Amerika Serikat, India, Indonesia, dan Jerman.

Mungkin mengejutkan untuk mengetahui bahwa AS bahkan tidak akan menjadi dua negara dengan perekonomian terbesar di dunia pada tahun 2075. Namun penting untuk mempertimbangkan bahwa jumlah penduduk AS jauh lebih kecil dibandingkan China dan India, misalnya. 

India menjadi negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia dan negara terpadat di dunia pada tahun 2023. 

Selain itu, kinerja Amerika Serikat telah melampaui ekspektasi secara signifikan selama satu dekade terakhir, dan hal ini kemungkinan besar tidak akan terulang setidaknya dalam 50 tahun ke depan. 

Bahkan kekuatan dolar AS yang luar biasa diperkirakan akan melemah selama dekade berikutnya karena pertumbuhan melambat dibandingkan dengan negara-negara lain. 

Pertumbuhan negara-negara emerging market juga berperan penting dalam mengurangi kesenjangan global; namun sisi negatifnya adalah kesenjangan antar negara terus meningkat.

Baca Juga: Ekonomi Eropa Berisiko Jatuh ke Jurang Resesi di Akhir 2023

Untuk menentukan negara dengan perekonomian terbesar di dunia pada tahun 2075, Insider Monkey melihat laporan yang dikembangkan oleh Goldman Sachs, yang menilai tingkat pertumbuhan masing-masing negara dan memastikan berapa PDB negara tersebut pada tahun 2075. 




TERBARU

[X]
×