kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45896,66   8,93   1.01%
  • EMAS1.363.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kandidat Presiden Iran Saeed Jalili Setia kepada Khamenei


Sabtu, 29 Juni 2024 / 17:40 WIB
Kandidat Presiden Iran Saeed Jalili Setia kepada Khamenei
ILUSTRASI. The Iranian flag waves in front of the International Atomic Energy Agency (IAEA) headquarters, before the beginning of a board of governors meeting, in Vienna, Austria, March 1, 2021. REUTERS/Lisi Niesner


Sumber: Reuters | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - DUBAI. Saeed Jalili, seorang ideolog yang setia kepada Pemimpin Tertinggi Iran, berencana untuk menyelesaikan masalah sosial, politik, dan ekonomi negara tersebut dengan berpegang teguh pada ideal-ideal keras Revolusi Islam 1979, jika ia memenangkan pemilihan presiden.

Jalili kalah tipis dalam pemungutan suara putaran pertama pada hari Jumat (28/6) dari Massoud Pezeshkian yang moderat.

Tetapi keduanya sekarang akan menghadapi pemilihan putaran kedua pada 5 Juli karena Pezeshkian tidak memperoleh mayoritas 50% plus satu suara yang dibutuhkan untuk menang langsung.

Jalili, seorang mantan diplomat, menggambarkan dirinya sebagai seorang yang saleh percaya pada "velayat-e faqih", atau pemerintahan oleh yurisprudensi tertinggi, sistem pemerintahan Islam yang menjadi dasar posisi utama Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei.

Baca Juga: Kandidat Calon Presiden Iran Kesulitan Menawarkan Solusi Permasalahan Ekonomi

Pembelaan kuatnya terhadap revolusi Islam yang telah berlangsung selama 45 tahun ini tampaknya dirancang untuk menarik pemilih berpenghasilan rendah yang keras dan religius, tetapi menawarkan sedikit kepada orang muda dan perkotaan Iran yang frustrasi dengan pembatasan kebebasan politik dan sosial.

Jalili, yang pernah menjadi negosiator nuklir utama Iran, adalah salah satu dari empat kandidat dalam pemilihan untuk menggantikan Ebrahim Raisi, yang tewas dalam kecelakaan helikopter pada bulan Mei.

Saat ini, dia adalah anggota badan yang menengahi perselisihan antara parlemen dan Dewan Penjaga, badan yang menyaring kandidat pemilihan untuk kualifikasi politik dan Islam mereka.

Sebagai penentang keras Barat, kemajuan Jalili ke putaran kedua menandakan kemungkinan perputaran yang lebih antagonis dalam kebijakan luar negeri dan domestik Republik Islam, kata para analis.

Kebijakan luar negeri dan nuklir adalah domain Khamenei, yang memiliki komando tertinggi atas angkatan bersenjata, memiliki kekuasaan untuk menyatakan perang dan menunjuk tokoh-tokoh senior termasuk komandan angkatan bersenjata, kepala yudisial, dan kepala media negara.

Namun, presiden dapat mempengaruhi nada kebijakan luar negeri dan domestik.

Orang dalam dan analis mengatakan Khamenei, 85, menginginkan seorang presiden yang sangat setia untuk menjalankan pemerintahan sehari-hari dan menjadi sekutu tepercaya yang dapat memastikan stabilitas, di tengah manuver atas suksesi akhirnya ke posisinya sendiri.

Baca Juga: Lawan Hizbullah, Militer Israel Siap Perang Habis-habisan di Lebanon

Sikap tidak kompromi

Jalili adalah lawan dari kesepakatan nuklir 2015 Teheran dengan kekuatan besar yang dinegosiasikan di pihak Iran oleh sekelompok pejabat pragmatis yang terbuka untuk détente dengan Barat.

Presiden saat itu Donald Trump mundur dari perjanjian tersebut pada 2018 dan memberlakukan kembali sanksi yang telah melumpuhkan ekonomi Iran.

Dengan kemungkinan kembalinya Trump ke Gedung Putih setelah pemilihan presiden AS pada November dan kemenangan pemilihan Jalili yang mungkin terjadi, kebangkitan kesepakatan itu tampaknya tidak mungkin.




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×