kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kecemasan Terjadinya Resesi AS Semakin Menjadi-jadi, Ini Pemicunya


Jumat, 29 Juli 2022 / 06:10 WIB
Kecemasan Terjadinya Resesi AS Semakin Menjadi-jadi, Ini Pemicunya
ILUSTRASI. Perekonomian AS secara tak terduga mengalami kontraksi pada kuartal kedua. Hal ini memicu kecemasan terjadinya resesi AS. KONTAN/Carolus Agus waluyo


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Perekonomian Amerika Serikat secara tak terduga mengalami kontraksi pada kuartal kedua. Hal ini memicu kecemasan terjadinya resesi AS. 

Data Reuters menunjukkan, belanja konsumen AS tumbuh pada laju paling lambat dalam dua tahun dan belanja bisnis menurun. Data tersebut meningkatkan risiko bahwa ekonomi berada di puncak resesi.

Sementara penurunan kuartalan kedua berturut-turut dalam produk domestik bruto yang dilaporkan oleh Departemen Perdagangan pada hari Kamis, sebagian besar mencerminkan laju akumulasi persediaan yang lebih moderat oleh bisnis. Hal tersebut disebabkan berkurangnya pasokan kendaraan bermotor, profil ekonomi lemah, dengan ekspor sebagai satu-satunya titik terang.

Ini dapat menghalangi Federal Reserve untuk terus meningkatkan suku bunganya secara agresif dengan tujuan untuk memerangi inflasi yang tinggi. 

Seperti yang diberitakan sebelumnya, bank sentral AS pada hari Rabu menaikkan suku bunga acuannya sebesar 75 basis poin, sehingga total kenaikan suku bunga sejak Maret menjadi 225 basis poin.

Baca Juga: Bunga The Fed Naik, Asia Paling Rentan

"Ekonomi sangat rentan tergelincir ke dalam resesi," kata Sal Guatieri, seorang ekonom senior di BMO Capital Markets di Toronto. 

Dia menambahkan, "Itu mungkin mencegah The Fed untuk melakukan kenaikan suku bunga besar lainnya pada bulan September."

Melansir Reuters, perkiraan awal Departemen Perdagangan AS menunjukkan pada Kamis (28/7/2022), Produk Domestik Bruto atau PDB turun pada tingkat tahunan 0,9% setelah penurunan 1,6% dalam tiga bulan pertama tahun ini. Konsumsi pribadi, bagian terbesar dari ekonomi, naik pada kecepatan 1%, melambat dari periode sebelumnya.

Sementara, ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan PDB akan rebound pada tingkat 0,5%. 

Akan tetapi, para ekonom, The Fed dan Gedung Putih mengatakan ekonomi tidak dalam resesi berdasarkan ukuran aktivitas yang lebih luas.

Biro Riset Ekonomi Nasional mendefinisikan resesi sebagai penurunan signifikan dalam aktivitas ekonomi yang tersebar di seluruh perekonomian, berlangsung lebih dari beberapa bulan, biasanya terlihat dalam produksi, lapangan kerja, pendapatan riil, dan indikator lainnya.

Baca Juga: Berpeluang Terus Menguat, Pamor Dollar Tetap Cerah

Pertumbuhan lapangan kerja rata-rata 456.700 per bulan pada paruh pertama tahun ini, sementara permintaan domestik terus tumbuh.

"Tidak diragukan lagi ada penurunan mendasar dalam permintaan domestik dalam bukti di sini," kata Brian Coulton, kepala ekonom di Fitch Ratings di New York. 

"Tetapi angka ini tidak menandakan kedatangan awal inflasi dan resesi akibat pengetatan Fed yang baru-baru ini menjadi fokus pasar," tambah Coulton.

Gedung Putih berusaha menenangkan pemilih menjelang pemilihan kongres 8 November yang akan memutuskan apakah Partai Demokrat yang dipimpin Presiden Joe Biden mempertahankan kendali Kongres AS.

"Laporan ini menunjukkan ekonomi yang sedang bertransisi ke pertumbuhan berkelanjutan yang lebih stabil," kata Yellen dalam konferensi pers.

Saham di Wall Street diperdagangkan lebih tinggi. Dolar naik tipis terhadap sekeranjang mata uang. Imbal hasil Treasury AS turun.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×