kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,64   6,79   0.75%
  • EMAS1.383.000 0,36%
  • RD.SAHAM 0.17%
  • RD.CAMPURAN 0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%

Kekayaan Vladimir Putin Disebut Melebihi Elon Musk, Intip Detailnya


Rabu, 03 Juli 2024 / 10:48 WIB
Kekayaan Vladimir Putin Disebut Melebihi Elon Musk, Intip Detailnya
ILUSTRASI. Presiden Rusia Vladimir Putin dalam acara bersama Presiden Vietnam To Lam, yang dihadiri oleh Asosiasi Persahabatan Vietnam dan generasi alumni Vietnam yang belajar di Rusia di Hanoi Opera House di Hanoi pada 20 Juni 2024.


Penulis: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - Sempat dilaporkan bahwa kekayaan Vladimir Putin ada di level yang lebih tinggi dari orang terkaya di dunia saat ini, Elon Musk. Seperti apa detailnya?

Serangkaian sanksi ekonomi yang diterima Rusia akibat menginvasi Ukraina sepertinya tidak terlalu dirasakan sang presiden, Vladimir Putin.

Salah satu pemimpin negara paling populer di dunia ini bahkan disebut memiliki harta yang sebanding dengan orang terkaya di dunia.

Menurut laporan Rebekah Koffler, seorang analis intelijen militer strategis dan penulis "Putin's Playbook", kekayaan Putin mungkin menyaingi Elon Musk dan pengusaha Barat lain di level yang sama.

"Propertinya meliputi istana, pesawat terbang, helikopter, kapal pesiar, mobil, dan barang-barang mewah," kata Koffler, dikutip Fox News pada Februari 2024.

Baca Juga: Putin Bakal Bertemu Erdogan dan Xi Jinping di Kazakhstan, Ada Isu Apa?

Koffler menambahkan, angka kekayaan pasti Putin masih misterius, bahkan bagi badan intelijen AS.

"Sangat sulit untuk mengetahui jumlah pastinya dengan akurat, karena pada dasarnya ini adalah sarang laba-laba aset rahasia, transaksi dan rekening luar negeri," lanjutnya.

Berbagai riset dari para ekonom dan pakar memperkirakan total kekayaan bersih Putin berkisar antara US$ 70 miliar hingga US$ 200 miliar.

Sebagai perbandingan, data Forbes per bulan Juli 2024 menunjukkan bahwa kekayaan Elon Musk ada di angka US$ 12 miliar.

Baca Juga: Zelensky: Ukraina Belum Siap Berkompromi dengan Rusia

Mengutip TIME, laporan resmi menyebutkan pendapatan tahunan Putin sekitar US$ 140.000. Saat ini Putin disebut tinggal di sebuah apartemen seluas 800 kaki persegi di St. Petersburg.

Pada tahun 2022, ekonom asal Swedia Anders Aslund memperkirakan bahwa Putin memiliki aset bernilai antara US$ 100 miliar dan US$ 130 miliar.

Perkiraan itu didasarkan pada kekayaan orang-orang kepercayaan Putin, yang masing-masing memiliki antara US$ 500 juta dan US$ 2 miliar.

Belum cukup sampai di situ, Putin diketahui mengelola lahan hutan seluas hampir 750 hektar di Karelia, hanya 18 mil dari perbatasan Finlandia.

Di kawasan itu, Putin memiliki hunian mewah yang dikelilingi tempat pembuatan bir, ruang minum teh, pemandian, perikanan, dan pertanian. dan akses pribadi ke air terjun dan danau.

Selanjutnya: Kurs Dollar-Rupiah di Bank Mandi pada Rabu 3 Juli 2024, Intip Untuk Tukar Valas

Menarik Dibaca: Promo Bunga KPR CIMB Niaga di Bulan Juli 2024




TERBARU

[X]
×