kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,15   -4,52   -0.50%
  • EMAS939.000 0,21%
  • RD.SAHAM 0.83%
  • RD.CAMPURAN 0.50%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.03%

Keluarga terkaya di India ini bangun kebun binatang terbesar di dunia


Rabu, 24 Februari 2021 / 23:50 WIB
Keluarga terkaya di India ini bangun kebun binatang terbesar di dunia

Sumber: Al Jazeera | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - Rencana pembangunan kebun binatang dan suaka margasatwa terbesar di dunia oleh keluarga terkaya di India, yang memiliki kerajaan Reliance Industries, telah memicu kontroversi di negara itu.

Keluarga Ambani berencana membangun kebun binatang dan suaka margasatwa seluas 113 hektare bertajuk Kerajaan Penyelamatan dan Rehabilitasi Zoologi Hijau di Kota Jamnagar, Negara Bagian Gujarat, The Week Magazine melaporkan.

Mukesh Ambani, yang hartanya mencapai US$ 79 miliar, adalah pemilik Reliance dan orang terkaya ke-12 di dunia.

"Proyek hewan peliharaan" dipimpin oleh putranya yang berusia 25 tahun, Anant Ambani, yang merupakan anggota dewan di Jio, perusahaan telekomunikasi di bawah bendera Reliance, menurut laporan Business Insider.

Pada Januari lalu, Reliance Industries mencapai kesepakatan dengan Assam State Zoo di Guwahati untuk mendapatkan dua macan kumbang hitam langka dengan imbalan dua pasang zebra dari Israel, mengacu laporan Northeast Now News.

Baca Juga: Pertarungan sengit Jeff Bezos vs Mukesh Ambani mendominasi pasar ritel India

“Tampaknya bahkan hewan liar yang dikurung di kebun binatang tidak dapat melarikan diri dari tentakel rumah perusahaan besar karena perpindahan diam-diam baru-baru ini dari dua macan kumbang hitam dari Kebun Binatang Negara di Guwahati ke kebun binatang di Gujarat yang didirikan oleh Ambani,” kata Bobbeeta Sharma, Ketua Komite Kongres Assam Pradesh, dalam sebuah pernyataan.

Pada Minggu (21/2), sekitar 100 aktivis berkumpul di depan Kebun Binatang Guwahati untuk memprotes pemindahan macan kumbang, menurut harian berbahasa Inggris, Telegraph India.

Keluarga Ambani tinggal di menara 27 lantai di Mumbai yang memiliki tiga helipad dan kabarnya menghabiskan biaya US$ 1 miliar untuk membangunnya.

Kebun binatang ini akan menjadi rumah bagi hampir 100 spesies hewan, burung, dan reptil dari India dan seluruh dunia, termasuk singa Afrika, harimau Bengal, dan komodo, Business Insider menyebutkan.

Selanjutnya: Fakta menarik Mukesh Ambani: Konglomerat minyak India, orang terkaya di Asia

 




TERBARU

[X]
×