kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45749,52   23,69   3.26%
  • EMAS920.000 0,66%
  • RD.SAHAM 0.55%
  • RD.CAMPURAN 0.20%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Kesepakatan dagang dengan AS akan mendorong PDB Jepang sebesar 0,8% selama 20 tahun


Jumat, 18 Oktober 2019 / 17:12 WIB
Kesepakatan dagang dengan AS akan mendorong PDB Jepang sebesar 0,8% selama 20 tahun
ILUSTRASI. FILE PHOTO: Girls wearing the yukata, or casual summer kimono, run as they cross the road at a shopping district in Tokyo, Japan, July 20, 2018. REUTERS/Kim Kyung-Hoon/File Photo GLOBAL BUSINESS WEEK AHEAD

Sumber: Reuters | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - TOKYO. Kesepakatan perdagangan dengan Amerika Serikat diperkirakan akan meningkatkan ekonomi Jepang sekitar 0,8% selama 10 tahun hingga 20 tahun ke depan.

Dilansir dari Reuters, pemerintah Jepang menyebut kesepakatan itu diperkirakan menyumbang sekitar 4 triliun yen atau setara US$ 36,81 miliar pada PDB Jepang dan akan menciptakan sekitar 280.000 lapangan pekerjaan di negara tersebut.

Baca Juga: Tesla dapat lampu hijau untuk memproduksi kendaraan listirk di China

Amerika Serikat dan Jepang menandatangani perjanjian perdagangan terbatas yang memangkas tarif atas barang-barang pertanian AS, peralatan mesin dari Jepang, dan produk-produk lainnya.

Perkiraan tersebut masih sementara dan didasarkan pada premis bahwa Amerika Serikat akan menghilangkan tarifnya untuk mobil dan suku cadang mobil Jepang, kata pemerintah.

Jepang telah mengatakan bahwa tarif yang dipasang pemerintah AS pada mobil dan suku cadang mobil Jepang akan dihilangkan melalui pembicaraan yang lebih lanjut.

Pemerintah juga memperkirakan bahwa produksi pertanian Jepang akan turun sekitar 60 miliar yen-110 miliar yen karena tarif daging sapi, babi, dan impor makanan lainnya akan dipotong.

Baca Juga: Duh, Trump bilang, Turki dan Kurdi seperti dua anak yang harus bertarung

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengatakan dia telah menerima jaminan dari Presiden AS Donald Trump bahwa Amerika Serikat tidak akan mengenakan tarif keamanan nasional yang sebelumnya mengancam impor mobil dari Jepang.

Jika AS memberlakukan tarif sebesar 25% untuk onderdil dan onderdil Jepang, Jepang akan membayar bea masuk sekitar 1,9421 triliun yen.



TERBARU

[X]
×