kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.443.000   4.000   0,28%
  • USD/IDR 15.405   0,00   0,00%
  • IDX 7.812   13,98   0,18%
  • KOMPAS100 1.184   -0,59   -0,05%
  • LQ45 959   0,88   0,09%
  • ISSI 227   0,13   0,06%
  • IDX30 489   0,88   0,18%
  • IDXHIDIV20 590   1,24   0,21%
  • IDX80 134   -0,05   -0,04%
  • IDXV30 139   -1,25   -0,90%
  • IDXQ30 163   0,24   0,15%

Kim Jong Un Awasi Uji Coba Drone Bunuh Diri Korea Utara


Senin, 26 Agustus 2024 / 10:39 WIB
 Kim Jong Un Awasi Uji Coba Drone Bunuh Diri Korea Utara
ILUSTRASI. Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menyaksikan uji coba drone (pesawat nirawak) bunuh diri.


Reporter: Anna Suci Perwitasari | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - SEOUL. Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menyaksikan uji coba drone (pesawat nirawak) bunuh diri. Di mana, drone bunuh diri tersebut berhasil menghancurkan target uji termasuk tank tiruan, dan mendesak para peneliti untuk mengembangkan kecerdasan buatan bagi drone tersebut.

Kim mengunjungi Institut Pesawat Nirawak Akademi Ilmu Pertahanan Korea Utara pada hari Sabtu dan melihat uji coba pesawat nirawak yang berhasil mengidentifikasi dan menghancurkan target yang ditentukan dengan benar setelah terbang di sepanjang rute yang telah ditetapkan, kata kantor berita negara KCNA, seperti dikutip Reuters, Senin (26/8).

Kim menyerukan, produksi lebih banyak drone bunuh diri untuk digunakan dalam infanteri taktis dan unit operasi khusus, seperti pesawat nirawak serang bunuh diri bawah air, serta pengintaian strategis dan drone serang multiguna, kata KCNA.

Dikenal juga sebagai amunisi yang berkeliaran, senjata semacam itu telah banyak digunakan dalam perang di Ukraina dan juga di Timur Tengah.

Amunisi yang berkeliaran biasanya dapat berada di udara dan siap menyerang sebelum target tertentu ditemukan, kemudian menyerang dengan menabrak target dengan hulu ledak yang terpasang.

Baca Juga: Kim Jong Un Bikin Kaget Warga Korea Utara dengan Melakukan Hal Ini

Foto-foto yang dirilis oleh media pemerintah menunjukkan, setidaknya empat jenis pesawat nirawak yang berbeda, beberapa di antaranya diluncurkan dengan bantuan mesin roket kecil sebelum baling-balingnya mengambil alih.

Ketika ditanya tentang kesamaan visual antara beberapa pesawat nirawak Korea Utara dan ZALA Lancet Rusia dan Shahed yang dirancang Iran, yang juga digunakan oleh Rusia, Kepala Staf Gabungan Korea Selatan mengatakan diperlukan analisis lebih lanjut.

"Kami memahami bahwa beberapa hadiah (pesawat nirawak) diberikan dalam pertukaran antara Korea Utara dan Rusia di masa lalu... Kami perlu menganalisis berbagai tindakan untuk melihat apakah tindakan tersebut telah meningkatkan kinerja," kata juru bicara JCS dalam sebuah pengarahan.

Korea Utara yang bersenjata nuklir memiliki hubungan dekat dengan Rusia dan Iran dan memiliki sejarah kerja sama militer dengan keduanya.

Kementerian Unifikasi Seoul mengatakan bahwa ini adalah pertama kalinya Pyongyang memamerkan pesawat nirawak bunuh diri.

Beberapa drone Korea Utara melintasi perbatasan ke Selatan pada tahun 2022 dan bahkan sempat memasuki zona larangan terbang di sekitar kantor kepresidenan Seoul, sebelum berbalik kembali.

Baca Juga: 10 Negara Terkorup di Dunia: Negara Miskin Mendominasi

Korea Selatan mengatakan akan mengerahkan senjata laser untuk menembak jatuh pesawat nirawak Korea Utara tahun ini, menjadi negara pertama di dunia yang mengerahkan dan mengoperasikan senjata semacam itu di militer, dan beberapa gedung pencakar langit di Seoul memasang senjata antipesawat di atapnya.

Korea Selatan dan AS memulai latihan militer musim panas tahunan minggu lalu, termasuk berlatih menanggapi pesawat nirawak Korea Utara.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management Principles (SCMP) Mastering Management and Strategic Leadership (MiniMBA 2024)

[X]
×