kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kim Jong Un tengah dirawat di sebuah vila, sakit apa?


Selasa, 21 April 2020 / 10:38 WIB
Kim Jong Un tengah dirawat di sebuah vila, sakit apa?
ILUSTRASI. Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un. KCNA/via REUTERS


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - SEOUL. Sebuah laporan media Korea Selatan mengatakan, pemimpin Korea Utara Kim Jong Un tengah menjalani proses pemulihan pasca operasi kardiovaskular pada awal bulan ini. Kabar ini muncul di tengah spekulasi tentang kesehatan Kim menyusul ketidakhadirannya dari acara ulang tahun utama.

Kardiovaskular adalah penyakit yang berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah. Penyakit kardiovaskular yang umum adalah penyakit jantung, stroke, pembesaran aorta dan lain-lain.

Melansir Reuters, Korea Utara menandai peringatan hari ulang tahun ayah pendiri dan kakek Kim, Kim Il Sung, sebagai hari libur nasional pada 15 April. Akan tetapi, Kim tidak terlihat hadir dalam acara tersebut.

Baca Juga: Pejabat Korea Utara: Sebenarnya ada kasus corona di sini, tapi...

Daily NK, sebuah situs web khusus yang sebagian besar dijalankan oleh para pembelot Korea Utara, mengutip sumber-sumber tak dikenal di dalam negara yang terisolasi itu dengan mengatakan Kim sedang dalam proses pemulihan di sebuah vila di daerah resor Gunung Kumgang, Hyangsan di pantai timur setelah menjalani operasi pada 12 April di sebuah rumah sakit di sana.

Melaporkan berita dari dalam Korea Utara terkenal sulit, terutama pada hal-hal mengenai kepemimpinan negara itu. Sebab, pemerintah Korut memberikan kontrol ketat pada informasi.

Baca Juga: Korea Utara tembakkan rudal, begini respons jenderal AS

Kementerian Unifikasi Korea Selatan, yang menangani urusan antar-Korea, menolak mengomentari laporan tersebut.

Menurut laporam Daily NK, kesehatan Kim terus memburuk dalam beberapa bulan terakhir karena merokok berat, obesitas dan terlalu banyak bekerja.

"Pemahaman saya adalah bahwa dia telah berjuang (dengan masalah kardiovaskular) sejak Agustus lalu tetapi memburuk setelah kunjungan berulang ke Gunung Paektu," kata sebuah sumber, merujuk pada gunung suci negara itu.

Baca Juga: Kim Jong Un rombak komisi urusan negaranya, di tengah upaya memerangi corona

Kim dilarikan ke rumah sakit setelah memimpin pertemuan politbiro Partai Buruh yang berkuasa pada 11 April, tempat Kim terakhir kali terlihat di depan umum, kata laporan itu.

Pyongyang menembakkan beberapa rudal jarak pendek minggu lalu yang menurut pejabat Seoul juga merupakan bagian dari perayaan ulang tahun Kim Il Sung. Peristiwa militer semacam itu biasanya akan diamati oleh Kim, tetapi tidak ada laporan KCNA pada uji coba itu sama sekali.




TERBARU

[X]
×