kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pejabat Korea Utara: Sebenarnya ada kasus corona di sini, tapi...


Sabtu, 18 April 2020 / 20:16 WIB
Pejabat Korea Utara: Sebenarnya ada kasus corona di sini, tapi...
ILUSTRASI. Warga di Korea Utara. Pihak berwenang Korea Utara mengatakan kepada warga bahwa sebenarnya ada kasus Covid-19 di negara itu. REUTERS/Reinhard Krause/File Photo PLEASE SEARCH 'FROM THE FILES - 25TH DEATH ANNIVERSARY OF NORTH KOREA'S KIM IL-SUNG' FOR ALL PI


Sumber: Kompas.com | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - PYONGYANG. Pihak berwenang Korea Utara mengatakan kepada warga bahwa sebenarnya ada kasus Covid-19 di negara itu pada awal Maret. Para pejabat itu mengungkapkannya dalam ceramah umum. 

Pernyataan ini berbeda dengan klaim resmi Pyongyang yang menyebut belum ada kasus virus corona di Korea Utara. Pembicara tersebut mengatakannya kepada organisasi dan kelompok pengamat lingkungan. 

Baca Juga: Krisis akibat virus corona di AS makin riuh oleh aksi politik

Mereka menyebut sebenarnya ada kasus Covid-19 di negara itu tapi tidak mengungkapkan berapa jumlahnya, kata Radio Free Asia (RFA). 

Radio tersebut mengutip perkataan dua sumber, satu di Pyongyang dan satu di provinsi Ryanggang. Para pembicara itu berujar, kasus Covid-19 dikonfirmasi ada di Pyongyang, provinsi Hwanghae Selatan, dan provinsi Hamgyong Utara. Hamgyong Utara berada di wilayah timur laut negara itu, sedangkan Hwanghae Selatan terletak di barat daya. 

Dilansir dari Reuters, Pyongyang sebelumnya telah memperkuat pemeriksaan perbatasan dan memerintahkan pendatang asing dari negara-negara terdampak Covid-19, untuk menjalani karantina selama 30 hari. 

Di saat yang bersamaan mereka juga menerbangkan lusinan diplomat keluar dari negara itu pada awal Maret. Otoritas Korea Utara "melihat apakah masih ada ruang bagi penyakit menular untuk masuk, sejalan dengan blokade lengkap perbatasan, wilayah udara, dan perairan" hingga pandemi virus global terkendali. Pernyataan itu dikemukakan oleh media pemerintah KCNA pada Sabtu (18/4). 

Baca Juga: Pakar di China anggap langkah diplomasi Tiongkok saat ini lebih berbahaya dari corona

Sebelumnya pada awal Maret, pejabat kesehatan senior di Korea Utara bersikukuh negaranya bebas dari wabah virus corona, meski sejumlah kalangan meragukannya.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×