kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45950,15   -24,18   -2.48%
  • EMAS989.000 -0,20%
  • RD.SAHAM -0.20%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.12%

Kinerja ciamik, Hankook Tire raih posisi keenam produsen ban terbesar dunia di 2020


Senin, 28 Juni 2021 / 18:41 WIB
Kinerja ciamik, Hankook Tire raih posisi keenam produsen ban terbesar dunia di 2020
ILUSTRASI. Strategi produsen ban global asal Korea Selatan, Hankook Tire


Reporter: Dimas Andi | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Produsen ban global Hankook Tire baru saja mengumumkan bahwa perusahaannya menempati urutan ke-6 dalam 2020 global leading tire manufacturers yang dirilis oleh majalah ban asal Inggris, Tyrepress. Posisi ini merupakan peningkatan dari tahun 2019 di mana Hankook menempati peringkat ke-7.

Peringkat yang diumumkan oleh Tyrepress ini dinilai berdasarkan pendapatan perusahaan. Hankook Tire sendiri mencatatkan penjualan global sebanyak 6.454 triliun KRW pada tahun 2020 yang membuat perusahaan ini berhasil menempati urutan ke-6. Pencapaian ini cukup spektakuler, mengingat industri ban melewati masa-masa kritis sepanjang tahun berkat pandemi Covid-19.

Secara signifikan, laba operasional Hankook Tire selama 2020 kemarin juga mengalami kenaikan sebanyak 15,5% dibandingkan tahun sebelumnya (YoY), yang membuktikan pertumbuhan kualitatif perusahaan.

Penjualan ban high-inch atau ban yang berukuran di atas 18 inci juga meningkat 3% (yoy), sehingga menyumbang 35% untuk total penjualan ban PCR atau mobil penumpang. Meningkatnya penjualan tersebut juga didukung oleh teknologi terkini yang digunakan selama produksi dan kualitas produk yang unggul.

Tidak hanya dinobatkan pada urutan ke-6 sebagai produsen ban global oleh majalah Tyrepress, pada 2020 Hankook Tire juga menerima pengakuan luar biasa atas keunggulan teknologi yang dimiliki oleh lini produknya.

Baca Juga: Hankook Tire bidik pangsa pasar dua digit tahun ini

Hankook menerima rating tinggi dalam beberapa uji kualitas ban dari lembaga terkemuka di Jerman dan Inggris. Kemudian, Hankook juga menempati posisi sebagai merek ban terlaris di tiga kategori dari ban all-season (segala musim), musim panas, dan musim dingin di platform e-commerce Eropa, yakni Tyre24, di mana hasil tersebut berdasarkan pada survei preferensi konsumen.

Yoonsoo Shin, President Director Hankook Tire Sales Indonesia mengungkapkan, pihaknya bangga atas pencapaian global ini. Memasuki tahun 2021, pertumbuhan bisnis Hankook di Indonesia sendiri semakin membaik sehingga pangsa pasarnya bisa kembali menguat setelah sebelumnya sempat mengalami penurunan.

“Ini berkat kepercayaan dari para pelanggan eksisting dan pelanggan baru, serta strategi kami yang intens melakukan penetrasi ke area di luar pulau Jawa, seperti Sumatra dan Kalimantan. Pencapaian global tersebut semakin memotivasi kami dan ke depannya kami akan terus berupaya menjaga performa baik ini,” terangnya dalam siaran pers yang diterima Kontan, Senin (28/6).

Tidak ketinggalan Hankook Tire juga terus memperkuat posisinya sebagai salah satu ban premium di dunia dengan memperluas ekspansi kerja sama dengan beberapa produsen mobil mewah dunia seperti Porsche dan Audi.

Untuk merek Porsche, Hankook menjadi mitra ban resmi (original equipment) untuk tipe mobil sport pertama bertenaga listrik, yakni Porsche Taycan. Lalu pada merek Audi, Hankook memasok ban untuk beberapa tipe mobil seperti pada lini Q dan lini RS, yang di antaranya termasuk Audi RS7 Sportback dan Audi RS6 Avant.

 

Selanjutnya: Relaksasi PPnBM tak berpengaruh signifikan terhadap penjualan ban Hankook tahun ini

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Financial Modeling & Corporate Valuation Fundamental Supply Chain Planner Development Program (SCPDP)

[X]
×