kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kokoh di Puncak, Toyota Sukses Jadi Produsen Mobil Terlaris di Tahun 2022


Senin, 30 Januari 2023 / 14:48 WIB
Kokoh di Puncak, Toyota Sukses Jadi Produsen Mobil Terlaris di Tahun 2022
ILUSTRASI. Kokoh di Puncak, Toyota Sukses Jadi Produsen Mobil Terlaris di Tahun 2022


Sumber: Reuters | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - TOKYO. Toyota Motor Corp. pada tahun 2022 sukses mempertahankan statusnya sebagai produsen mobil terlaris di dunia. Tahun lalu, Toyota unggul dari Volkswagen Group.

Dilansir dari Reuters, Toyota menjual 10,5 juta kendaraan pada tahun 2022. Catatan itu membuat Toyota mempertahankan gelarnya sebagai produsen mobil terlaris di dunia selama tiga tahun berturut-turut.

Di saat yang sama, penjualan beberapa unit Toyota juga mengalami penurunan. Penjualan dari unit truk Hino Motors dan Daihatsu mengalami penurunan tipis 0,1%.

Baca Juga: Elon Musk: Pesaing Tesla di China Bekerja Sangat Keras dan Cerdas

Beruntung penjualan luar negeri sebanyak 8,6 juta kendaraan mampu membantu mengimbangi penurunan 9,6% di pasar dalam negeri menjadi 1,9 juta.

Pesaing terdekat Toyota tahun lalu adalah Volkswagen Group. Awal bulan ini Volkswagen melaporkan penjualan terendahnya dalam lebih dari satu dekade. 

Tahun lalu Volkswagen hanya berhasil menjual 8,3 juta kendaraan. Lockdown Covid-19 di China dan perang di Ukraina disebut telah mengacaukan rantai pasokan mereka.

Baca Juga: Ambisi China Merajai Mobil Dunia

Kendala pasokan komponen, terutama chip, sebenarnya juga dialami Toyota. Namun, Toyota mengatakan permintaan yang kuat di pasar Asia sudah cukup untuk membuat mereka bertahan.

Adanya peningkatan kapasitas produksi serta optimalisasi di pabrik Asia dan Amerika Utara juga cukup berhasil membantu Toyota meningkatkan produksi global sebesar 5% pada tahun 2022.

Sadar akan adanya beberapa hambatan, Toyota pada bulan November lalu sempat merevisi perkiraan produksinya untuk tahun fiskal ini dari 9,7 juta menjadi 9,2 juta unit kendaraan.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×