kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.430.000   -10.000   -0,69%
  • USD/IDR 15.243   97,00   0,63%
  • IDX 7.905   76,26   0,97%
  • KOMPAS100 1.208   12,11   1,01%
  • LQ45 980   9,43   0,97%
  • ISSI 230   1,69   0,74%
  • IDX30 500   4,71   0,95%
  • IDXHIDIV20 602   4,65   0,78%
  • IDX80 137   1,32   0,97%
  • IDXV30 141   0,53   0,38%
  • IDXQ30 167   1,08   0,65%

Komandan Secret Service AS Akhirnya Mundur Pasca Gagal Cegah Penembakan Donald Trump


Rabu, 24 Juli 2024 / 01:41 WIB
Komandan Secret Service AS Akhirnya Mundur Pasca Gagal Cegah Penembakan Donald Trump
ILUSTRASI. Republican presidential candidate and former U.S. President Donald Trump gestures with a bloodied face while he is assisted by U.S. Secret Service personnel after he was shot in the right ear during a campaign rally at the Butler Farm Show in Butler, Pennsylvania, U.S., July 13, 2024. REUTERS/Brendan McDermid


Sumber: Reuters | Editor: Syamsul Azhar

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON - Direktur Dinas Rahasia atau Secret Service Amerika Serikat, Kimberly Cheatle akhirnya mengundurkan diri setelah badan tersebut mendapat sorotan tajam karena kegagalannya menghentikan upaya pembunuh yang melukai mantan Presiden Donald Trump selama kampanye, kata Gedung Putih pada Selasa.

Secret Service, yang bertanggung jawab atas perlindungan presiden AS saat ini dan mantan presiden, menghadapi krisis setelah seorang pria bersenjata menembaki Trump dari atap yang menghadap ke rapat umum di Butler, Pennsylvania pada 13 Juli.

“Peninjauan independen untuk mengetahui apa yang terjadi pada 13 Juli terus berlanjut, dan saya berharap dapat menilai kesimpulannya,” kata Presiden Partai Demokrat Joe Biden dalam sebuah pernyataan. Kita semua tahu apa yang terjadi hari itu tidak akan terulang lagi.

Baca Juga: Kepala Secret Service AS Mengundurkan Diri Setelah Percobaan Pembunuhan Trump

Wakil Direktur Secret Service Ronald Rowe, yang sudah bekerja selama 24 tahun di badan tersebut, akan bertindak sebagai penjabat direktur, kata Menteri Keamanan Dalam Negeri Alejandro Mayorkas.

Secret Service menghadapi penyelidikan dari berbagai komite kongres dan pengawas internal Departemen Keamanan Dalam Negeri AS, organisasi induknya, atas kinerjanya. Biden, yang telah mengakhiri kampanye pemilihannya kembali, juga menyerukan peninjauan independen.

Cheatle menghadapi kecaman bipartisan ketika dia hadir di hadapan Komite Pengawasan Dewan Perwakilan Rakyat pada hari Senin, menolak menjawab pertanyaan dari anggota parlemen yang frustrasi mengenai rencana keamanan untuk rapat umum tersebut dan bagaimana penegakan hukum menanggapi perilaku mencurigakan pria bersenjata tersebut.

Beberapa anggota parlemen dari Partai Republik dan Demokrat telah meminta dia untuk mengundurkan diri. NBC News adalah orang pertama yang melaporkan bahwa Cheatle akan meninggalkan jabatannya.

Baca Juga: Penantang Terakhir Donald Trump, Nikki Haley Minta Perlindungan Secret Service

Trump, kandidat presiden dari Partai Republik, mengalami luka di telinga kanannya dan seorang peserta rapat umum tewas dalam tembakan tersebut. Pria bersenjata itu, yang diidentifikasi sebagai Thomas Crooks yang berusia 20 tahun, ditembak dan dibunuh oleh penembak jitu Secret Service.

“Meskipun pengunduran diri Direktur Cheatle adalah langkah menuju akuntabilitas, kami memerlukan tinjauan menyeluruh tentang bagaimana kegagalan keamanan ini terjadi sehingga kami dapat mencegahnya di masa mendatang,” James Comer, ketua Komite Pengawasan DPR dari Partai Republik, mengatakan dalam sebuah pernyataan. "Kami akan melanjutkan pengawasan kami terhadap Secret Service."

Cheatle, yang memimpin badan tersebut sejak tahun 2022, mengatakan kepada anggota parlemen bahwa dia bertanggung jawab atas penembakan tersebut, dan menyebutnya sebagai kegagalan terbesar yang dilakukan Secret Service sejak Presiden Ronald Reagan ditembak pada tahun 1981.

Para pemimpin DPR mengatakan pada hari Selasa bahwa mereka berencana membentuk satuan tugas bipartisan untuk menyelidiki penembakan tersebut.

Sebagian besar kritik terfokus pada kegagalan mengamankan atap sebuah gedung industri tempat pria bersenjata itu bertengger sekitar 150 yard (140 m) dari panggung tempat Trump berpidato.

Atap gedung tersebut ditempatkan di luar batas keamanan Secret Service untuk acara tersebut, sebuah keputusan yang dikritik oleh mantan agen dan anggota parlemen.

Cheatle memegang peran keamanan tertinggi di PepsiCo ketika Biden menunjuknya sebagai direktur Secret Service pada tahun 2022. Dia sebelumnya menjabat selama 27 tahun di badan tersebut.

Baca Juga: Joe Biden Mundur dari Pencalonan, Donald Trump: Dia Presiden Terburuk dalam Sejarah

Dia mengambil alih jabatan tersebut menyusul serangkaian skandal yang melibatkan Secret Service yang merusak reputasi lembaga elit dan picik tersebut.

Sepuluh agen Secret Service kehilangan pekerjaan mereka setelah terungkap bahwa mereka membawa perempuan, beberapa di antaranya adalah pelacur, kembali ke kamar hotel mereka menjelang perjalanan Presiden Barack Obama ke Kolombia pada tahun 2012.

Badan tersebut juga menghadapi tuduhan bahwa mereka menghapus pesan teks sekitar waktu serangan 6 Januari 2021 di Gedung Capitol AS. Pesan-pesan tersebut kemudian diminta oleh panel kongres yang menyelidiki kerusuhan tersebut.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management Principles (SCMP) Mastering Management and Strategic Leadership (MiniMBA 2024)

[X]
×