Korea Selatan Akan Mencabut Sebagian Pembatasan Covid-19 Mulai Pekan Depan

Jumat, 15 April 2022 | 08:02 WIB Sumber: Reuters
Korea Selatan Akan Mencabut Sebagian Pembatasan Covid-19 Mulai Pekan Depan

ILUSTRASI. Korea Selatan akan mencabut sebagian besar pembatasan terkait pandemi Covid-19 pekan depan. REUTERS/Heo Ran


KONTAN.CO.ID - SEOUL. Korea Selatan akan mencabut sebagian besar pembatasan terkait pandemi Covid-19 pekan depan, termasuk jam malam di restoran-restoran. Pencabutan pembatasan ini dilaukan menyusul lonjakan kasus Omicron yang mulai berkurang. Meski begitu, orang-orang tetap diwajibkan memakai masker.

Mengutip Reuters, Jumat (15/4), Perdana Menteri Kim Boo-kyum dalam pertemuan tanggapan virus corona mengatakan, mulai 18 April, jam malam di restoran dan bisnis lainnya akan dihapus. Bersamaan dengan itu, batas pertemuan pribadi ditetapkan sebanyak 10 orang.

"Mengenakan masker masih merupakan sarana yang sangat penting untuk melindungi diri kita sendiri," kata Kim. 

Baca Juga: Korea Selatan dan Singapura Menjadi Dua Negara Asia Pertama yang Melakukan Pengetatan

"Tidak dapat dihindari untuk mempertahankan mandat masker dalam ruangan untuk jangka waktu yang cukup lama."

Tentang mengenakan masker di luar ruangan, Kim mengatakan pemerintah akan meninjau apakah akan mencabut pembatasan yang ada dalam dua minggu, tergantung pada situasi virus.

Jumlah kasus virus corona di negara itu tampaknya telah melewati puncaknya setelah melayang lebih dari 620.000 sehari pada pertengahan Maret, dengan infeksi harian turun menjadi di bawah 150.000 pada hari Kamis.

Pada hari Rabu, pemerintah mengumumkan rencananya untuk memperluas peluncuran suntikan booster Covid-19 kedua untuk orang di atas 60 tahun.

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru