kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Korea Utara Disebut Telah Menembakkan Rudal Balistiknya


Senin, 22 April 2024 / 21:10 WIB
Korea Utara Disebut Telah Menembakkan Rudal Balistiknya
ILUSTRASI. A Hwasong-15 intercontinental ballistic missile (ICBM) is launched at Pyongyang International Airport, in Pyongyang, North Korea February 18, 2023 in this photo released by North Korea's Korean Central News Agency (KCNA). KCNA via REUTERS


Sumber: Reuters | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - SEOUL. Korea Utara menembakkan "beberapa" rudal balistik jarak pendek ke arah laut di lepas pantai timurnya, kata militer Korea Selatan pada hari Senin (22/4).

Hal ini langsung memicu kecaman cepat dari Seoul, yang menyebutnya sebagai ancaman besar terhadap stabilitas di semenanjung Korea.

Pemerintah Jepang dan penjaga pantainya juga mengatakan, Korea Utara telah menembakkan rudal balistik.

Penyiar NHK menyebutkan, proyektil tersebut tampaknya mendarat di luar kawasan zona ekonomi eksklusif Jepang.

Baca Juga: Kim Jong Un akan Kembangkan Hubungan Jangka Panjang dengan China

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan mengatakan, Korea Utara meluncurkan apa yang diduga sebagai beberapa rudal balistik jarak pendek dari dekat ibu kotanya, Pyongyang. Rudal tersebut terbang sekitar 300 kilometer (186 mil) dan mendarat di laut.

Komando Indo-Pasifik AS mengatakan bahwa mereka mengetahui peluncuran rudal balistik tersebut dan menilai tidak ada ancaman langsung terhadap personel, wilayah, atau sekutu AS dari peluncuran rudal tersebut.

Laporan peluncuran tersebut muncul ketika Korea Selatan mengatakan, perwira tinggi militernya Laksamana Kim Myung-soo telah menjamu komandan Komando Luar Angkasa AS Jenderal Stephen Whiting untuk membahas pengembangan satelit pengintaian Korea Utara dan peningkatan kerja sama militer antara Pyongyang dan Moskow.

Baca Juga: Kim Jong Un: Sekarang Waktunya untuk Lebih Bersiap Menghadapi Perang

Setelah pertemuan puncak antara pemimpin kedua negara pada bulan September, Korea Utara dicurigai memasok senjata dan amunisi ke Rusia untuk invasi ke Ukraina, meskipun keduanya menyangkal klaim tersebut.

Korea Utara diyakini bersiap meluncurkan satelit mata-mata lainnya, setelah berhasil menempatkan satelit pengintai di orbit pada bulan November.

Korea Utara mengatakan pekan lalu bahwa mereka telah menembakkan rudal jelajah strategis untuk menguji hulu ledak besar, dan rudal anti-pesawat baru.

Sebelumnya pada bulan April, Korea Utara menembakkan rudal hipersonik jarak menengah baru sebagai bagian dari pengembangan rudal berbahan bakar padat untuk semua jenis persenjataannya, yang diawasi oleh pemimpinnya, Kim Jong Un.

“Korea Utara berkomitmen dalam pengembangan senjata yang cepat, tidak hanya untuk keuntungan militer, tetapi juga untuk legitimasi politik tekno-nasionalis rezim Kim,” kata Profesor Leif-Eric Easley dari Universitas Ewha di Seoul.

Baca Juga: Korea Utara Kembali Uji Coba Rudal Balistik, Kini Mengarah ke Jepang

Korea Utara menentang larangan Dewan Keamanan PBB mengenai pengembangan rudal balistik dan menolak resolusi Dewan Keamanan karena melanggar hak kedaulatannya untuk mempertahankan diri.

Rusia bulan lalu memveto pembaruan tahunan pemantauan sanksi yang dijatuhkan terhadap Korea Utara, sehingga para pejabat AS dan Korea Selatan menuduh Moskow memberikan dukungan kepada Pyongyang. China abstain dalam pemungutan suara di Dewan Keamanan.




TERBARU

[X]
×