kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45887,73   13,33   1.52%
  • EMAS1.365.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Korea Utara Gagal Luncurkan Satelit Terbaru, Meledak Dalam Penerbangan


Selasa, 28 Mei 2024 / 05:50 WIB
Korea Utara Gagal Luncurkan Satelit Terbaru, Meledak Dalam Penerbangan
ILUSTRASI. Upaya Korea Utara untuk meluncurkan satelit pengintai militer baru pada Senin (27/5) berakhir gagal. Foto : Tangkapan layar/ KCNA


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - SEOUL. Upaya Korea Utara untuk meluncurkan satelit pengintai militer baru pada Senin (27/5) berakhir gagal. Pasalnya, mesin roket yang membawa satelit meledak dalam penerbangan.

Mengutip Reuters, kegagalan peluncuran satelit ini terjadi beberapa jam setelah Korea Utara mengeluarkan peringatan bahwa mereka akan mencoba meluncurkan satelit pada 4 Juni, yang merupakan satelit mata-mata kedua di orbit.

Sebaliknya, peluncuran tersebut menjadi kegagalan terbaru Korea Utara, menyusul dua kecelakaan besar lainnya tahun lalu. 

Korea Utara berhasil menempatkan satelit mata-mata pertamanya di orbit pada bulan November.

Baca Juga: Korea Utara Berencana Luncurkan Satelit antara 27 Mei dan 4 Juni

“Peluncuran roket pembawa satelit baru gagal ketika meledak di udara selama penerbangan tahap pertama,” kata wakil direktur jenderal Administrasi Teknologi Dirgantara Nasional Korea Utara dalam sebuah laporan yang dimuat oleh media pemerintah.

Para pejabat di Korea Selatan dan Jepang sebelumnya melaporkan bahwa peluncuran tersebut tampaknya gagal.

Kepala Staf Gabungan (JCS) Selatan mengatakan, Korea Utara menembakkan proyektil tersebut ke jalur selatan lepas pantai baratnya sekitar pukul 22:44. (1344 GMT).

JCS mengatakan pihaknya mendeteksi sejumlah besar puing roket di laut hanya dua menit setelah peluncuran.

Benda yang diluncurkan oleh Korea Utara menghilang di Laut Kuning, kata Kepala Sekretaris Kabinet Jepang Yoshimasa Hayashi kepada wartawan.

“Peluncuran ini melanggar resolusi dewan keamanan yang relevan dan merupakan masalah serius mengenai keselamatan rakyat kami,” kata Hayashi.

"Amerika Serikat mengutuk peluncuran tersebut, yang menggunakan teknologi yang berhubungan langsung dengan program rudal balistik DPRK dan melanggar beberapa resolusi Dewan Keamanan PBB,” kata juru bicara Departemen Luar Negeri.

Peluncuran tersebut dilakukan beberapa jam setelah China, Korea Selatan, dan Jepang menyelesaikan pertemuan puncak tiga pihak yang jarang terjadi di Seoul.

Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol dan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida telah meminta Korea Utara untuk tidak melanjutkan peluncuran tersebut. 

Perdana Menteri China Li Qiang tidak menyebutkan peluncuran tersebut, namun meminta semua pihak untuk meredakan ketegangan di semenanjung tersebut.

Lembaga penyiaran publik Jepang NHK memperlihatkan video yang tampak seperti titik oranye yang terbang di langit malam dan kemudian terbakar di daerah dekat perbatasan antara China dan Korea Utara.

Baca Juga: Korea Selatan Jatuhkan Sanksi terhadap Warga Korut dan Dua Kapal Rusia

Peluncuran tersebut memicu peringatan masyarakat di beberapa wilayah Jepang yang kemudian ditarik setelah jelas bahwa roket tersebut tidak akan terbang di atas pulau-pulau tersebut.

Analisis awal menunjukkan bahwa penyebabnya adalah motor roket berbahan bakar cair yang baru dikembangkan, namun kemungkinan penyebab lain sedang diselidiki, kata laporan itu. 

Beberapa Kali Gagal

Upaya pertama Korea Utara untuk meluncurkan roket satelit Chollima-1 yang baru, pada 31 Mei tahun lalu, berakhir setelah kegagalan pada tahap kedua. Media pemerintah menyalahkan kemunduran tersebut pada sistem mesin dan bahan bakar baru yang tidak stabil dan tidak dapat diandalkan.

Korea Selatan mengambil puing-puing satelit tersebut dari laut dan mengatakan bahwa analisis menunjukkan satelit tersebut tidak berguna sebagai platform pengintaian.

Upaya lain pada bulan Agustus juga berakhir dengan kegagalan, dengan tahapan pendorong roket mengalami masalah yang mengakibatkan muatannya jatuh ke laut.

Otoritas antariksa Korea Utara menggambarkan kegagalan pada bulan Agustus setelah pendorong roket mengalami masalah pada tahap ketiga. Namun mereka menganggap itu bukan masalah besar dalam hal keandalan sistem roket secara keseluruhan.

Baca Juga: Pejabat Korsel: Korea Utara Bersiap Meluncurkan Kembali Satelit Mata-Mata

Pada bulan Februari, pakar luar angkasa AS mengatakan satelit mata-mata pertama Korea Utara, yang diberi nama Malligyong-1, masih hidup, setelah mendeteksi perubahan dalam orbitnya yang menunjukkan bahwa Pyongyang berhasil mengendalikan pesawat ruang angkasa tersebut – meskipun kemampuannya masih belum diketahui.

Media pemerintah Korea Utara melaporkan bahwa satelit tersebut telah mengirimkan foto-foto Pentagon dan Gedung Putih, serta beberapa wilayah lainnya, namun belum merilis satu pun gambar tersebut.

Peluncuran pada bulan November 2023 adalah peluncuran sukses pertama setelah pemimpin Korea Utara Kim Jong Un melakukan perjalanan ke luar negeri pada bulan September dan mengunjungi pusat peluncuran ruang angkasa paling modern di Rusia, di mana Presiden Vladimir Putin berjanji untuk membantu Pyongyang membangun satelit.

Tidak ada negara yang merinci sejauh mana bantuan tersebut di masa depan, yang dapat melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB terhadap Korea Utara.

Para ahli Rusia telah mengunjungi Korea Utara untuk membantu program satelit dan roket luar angkasa, kantor berita Korea Selatan Yonhap melaporkan, mengutip seorang pejabat senior pertahanan Korea Selatan yang tidak disebutkan namanya.

Pyongyang mengatakan pihaknya memerlukan satelit pengintaian militer untuk meningkatkan pemantauan aktivitas militer AS dan Korea Selatan.




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×