kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.533.000   0   0,00%
  • USD/IDR 16.180   20,00   0,12%
  • IDX 7.096   112,58   1,61%
  • KOMPAS100 1.062   21,87   2,10%
  • LQ45 836   18,74   2,29%
  • ISSI 214   2,12   1,00%
  • IDX30 427   10,60   2,55%
  • IDXHIDIV20 514   11,54   2,30%
  • IDX80 121   2,56   2,16%
  • IDXV30 125   1,25   1,01%
  • IDXQ30 142   3,33   2,39%

Kota Hantu di Tiongkok Juga Menjadi Masalah Besar Bagi Merek Mewah Eropa


Rabu, 09 Oktober 2024 / 09:21 WIB
Kota Hantu di Tiongkok Juga Menjadi Masalah Besar Bagi Merek Mewah Eropa
ILUSTRASI. Seberapa eratkah permintaan tas tangan seharga US$ 3.000 terkait dengan harga rumah di Tiongkok? Jawabannya: sangat erat. REUTERS/Aly Song


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Seberapa eratkah permintaan tas tangan seharga US$ 3.000 terkait dengan harga rumah di Tiongkok? 

Ternyata, hubungannya sangat erat.

Melansir The Wall Street Journal, saham-saham barang mewah Eropa anjlok pada perdagangan awal hari Selasa (8/10/2024). Kondisi ini terjadi setelah badan perencanaan ekonomi Tiongkok gagal mengumumkan langkah-langkah tambahan untuk memulai pertumbuhan yang diharapkan oleh beberapa investor. 

Sektor properti masih naik rata-rata 10% sejak Beijing meluncurkan rencana stimulus awalnya akhir bulan lalu.

Beijing berharap pemotongan suku bunga hipotek, dan persyaratan uang muka yang lebih rendah bagi pembeli rumah kedua, akan mendorong pasar perumahan yang bermasalah di negara itu. 

Pengeluaran untuk barang mewah di Tiongkok secara tradisional lebih berkorelasi dengan harga rumah daripada dengan pasar keuangan atau pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan. 

Sekitar 60% dari kekayaan bersih rumah tangga di China terikat pada properti sebelum harga mencapai puncaknya pada tahun 2021. 

Baca Juga: AS Duga China Pasok Litium Secara Berlebih untuk Singkirkan Pesaing

Barclays memperkirakan bahwa jatuhnya harga rumah telah menggerus sekitar US$ 18 triliun kekayaan rumah tangga sejak saat itu, yang setara dengan sekitar US$ 60.000 per keluarga.

Hal ini, bersama dengan kekhawatiran tentang ekonomi yang lebih luas, merusak kepercayaan konsumen. 

Penjualan eceran di China hanya naik 2,1% pada bulan Agustus dibandingkan dengan bulan yang sama tahun lalu, menurut data dari Biro Statistik Nasional Tiongkok. 

Ketika merek-merek mewah global mulai melaporkan hasil kuartal ketiga mereka minggu depan, permintaan barang mewah Tiongkok diperkirakan akan melambat sejak terakhir kali mereka memperbarui informasi kepada investor.

Penjualan yang lesu datang pada saat yang tidak menguntungkan bagi perusahaan-perusahaan mewah Eropa, yang bergantung pada konsumen Tiongkok yang mencapai sepertiga dari pengeluaran mewah global. 

Setelah beberapa tahun yang bergejolak selama pandemi, merek-merek mewah dan investor mereka berharap bahwa kembalinya pengeluaran Tiongkok akan mengimbangi perlambatan di antara orang Eropa dan Amerika.

Hal ini tampaknya semakin tidak mungkin. Menurut perkiraan UBS, penjualan barang mewah oleh pembeli Tiongkok diperkirakan akan menyusut 7% pada tahun 2024 dan sebesar 3% tahun depan. 

Baca Juga: Sengketa EV, Uni Eropa Disebut Tolak Usulan Tiongkok untuk Harga Jual Minimum



TERBARU
Kontan Academy
HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective Bedah Tuntas SP2DK dan Pemeriksaan Pajak (Bedah Kasus, Solusi dan Diskusi)

[X]
×