kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45892,72   -3,94   -0.44%
  • EMAS1.368.000 0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kedekatan Vladimir Putin dengan Kim Jong Un Bisa Jadi Masalah Besar Bagi China dan AS


Senin, 01 Juli 2024 / 09:15 WIB
Kedekatan Vladimir Putin dengan Kim Jong Un Bisa Jadi Masalah Besar Bagi China dan AS
ILUSTRASI. Kedekatan yang semakin erat antara Presiden Rusia Vladimir Putin dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menimbulkan dampak besar di seluruh dunia. Sputnik/Gavriil Grigorov/Pool via REUTERS


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Kedekatan yang semakin erat antara Presiden Rusia Vladimir Putin dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menimbulkan dampak besar di seluruh dunia. Mulai dari kawasan Indo-Pasifik hingga Ukraina.

Mengutip Business Insider, seorang pengamat Korea terkemuka mengatakan, meskipun meningkatnya kemitraan dapat meningkatkan ketegangan dan menciptakan masalah bagi AS dan sekutunya, hal ini juga tidak terlalu baik bagi China.

Pekan lalu, Putin mengunjungi Korea Utara untuk pertama kalinya dalam 24 tahun. Selama perjalanan mewah dan penting ke Pyongyang, keduanya menandatangani perjanjian yang menyatakan bahwa mereka akan saling membantu jika satu sama lain diserang.

Perjanjian pertahanan bersama ini menyusul kesepakatan senjata sebelumnya antara keduanya. Yang mana Rusia menerima senjata Korea Utara untuk mengatasi kekurangan amunisi di Ukraina. 

Imbalannya, Pyongyang kemungkinan akan menerima makanan, produk minyak bumi, dan kemampuan serta teknologi nuklir yang lebih berbahaya dan canggih, kapal selam bertenaga, rudal balistik antarbenua, atau program prioritas lainnya.

Baca Juga: Korut Bakal Kirim Pasukan Teknik untuk Bangun Kembali Kota-Kota yang Diduduki Rusia

Pakta tersebut merupakan titik balik penting, menandai hubungan terdekat Rusia dan Korea Utara sejak Perang Dingin dan membuka pintu bagi kerja sama di masa depan. 

Semua hal ini tidak ada yang berdapak baik bagi AS. Pasalnya, kemitraan ini memicu perang terhadap Putin, memberikan peluang bagi Korea Utara untuk menghindari sanksi global, dan meningkatkan ketegangan di semenanjung Korea, serta tantangan-tantangan lainnya.

Hal ini juga mendekatkan musuh-musuh AS ke dalam apa yang oleh para ahli disebut sebagai “poros pergolakan,” yang memicu tantangan langsung terhadap tatanan dunia yang dipimpin AS.

Tidak ada pilihan bagus

Namun Presiden AS Joe Biden bukan satu-satunya yang menangani masalah kemitraan baru ini. Kedekatan Rusia dan Korea Utara juga membuat pemimpin China Xi Jinping berada dalam posisi yang agak aneh.

“Hubungan ini sama buruknya bagi China dan juga bagi Amerika Serikat,” kata Victor Cha, wakil presiden senior untuk Asia dan ketua Korea di Pusat Studi Strategis dan Internasional.

Beijing telah lama memiliki pengaruh yang kuat terhadap Korea Utara, dan telah berusaha keras untuk menjaga hubungan dengan Pyongyang meskipun menghadapi uji coba senjata nuklir dan sanksi Dewan Keamanan PBB yang dikutuk secara internasional oleh Korea Utara.

Baca Juga: Intip Koleksi Mobil Mewah Kim Jong Un, Ada Limousine Pemberian Vladimir Putin




TERBARU

[X]
×