kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.440.000   -4.000   -0,28%
  • USD/IDR 15.339   1,00   0,01%
  • IDX 7.829   -2,64   -0,03%
  • KOMPAS100 1.196   2,88   0,24%
  • LQ45 970   3,33   0,34%
  • ISSI 228   0,02   0,01%
  • IDX30 495   1,66   0,34%
  • IDXHIDIV20 597   3,35   0,56%
  • IDX80 136   0,44   0,33%
  • IDXV30 140   0,56   0,40%
  • IDXQ30 166   1,10   0,67%

Lebih dari 100 Pekerja Samsung Ditahan Polisi India karena Rencana Aksi Mogok


Senin, 16 September 2024 / 16:59 WIB
Lebih dari 100 Pekerja Samsung Ditahan Polisi India karena Rencana Aksi Mogok
ILUSTRASI. FILE PHOTO - The logo of Samsung Electronics is seen at its office building in Seoul, South Korea, March 23, 2018. REUTERS/Kim Hong-Ji/File Photo


Sumber: Reuters | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - CHENNAI. Polisi India pada hari Senin (16/9) menahan 104 pekerja yang sedang mogok di pabrik Samsung Electronics di India selatan karena merencanakan aksi demonstrasi tanpa izin. Aksi mogok ini telah mengganggu produksi di pabrik tersebut selama seminggu terakhir.

Penahanan ini menandai eskalasi dari mogok kerja yang dilakukan oleh pekerja di pabrik peralatan rumah tangga Samsung dekat Chennai, di negara bagian Tamil Nadu.

Para pekerja menuntut upah yang lebih tinggi dan telah menghentikan pekerjaan di pabrik yang menyumbang sekitar sepertiga dari pendapatan tahunan Samsung di India sebesar US$12 miliar.

Baca Juga: Badai PHK Dikabarkan Melanda Samsung Electronics

Protes di pabrik Samsung ini mengancam rencana Perdana Menteri India Narendra Modi untuk menarik investor asing ke program "Make in India" dan menggandakan produksi elektronik menjadi US$500 miliar dalam enam tahun.

Daya tarik tenaga kerja murah mendorong perusahaan asing untuk semakin banyak menggunakan India sebagai lokasi produksi guna mendiversifikasi rantai pasokan mereka dari China.

Pada hari Senin, para pekerja merencanakan untuk memulai aksi demonstrasi, tetapi mereka ditahan karena tidak memperoleh izin, mengingat adanya sekolah, perguruan tinggi, dan rumah sakit di daerah tersebut, kata pejabat senior polisi distrik Kancheepuram, K. Shanmugam.

"Ini adalah area utama yang akan sepenuhnya lumpuh dan (protes tersebut) akan mengganggu ketertiban umum," katanya.

"Kami menahan mereka di aula pernikahan karena tidak mungkin semua dapat berada di kantor polisi," tambahnya.

Baca Juga: Badai PHK Menghantui, Perlu Sinergi Kolaborasi Pemerintah Hingga Industri

Para pekerja Samsung telah berdemonstrasi sejak minggu lalu di tenda darurat dekat pabrik, menuntut upah yang lebih tinggi, pengakuan untuk serikat pekerja yang didukung oleh kelompok buruh berpengaruh, Centre of Indian Trade Unions (CITU), dan jam kerja yang lebih baik.

Samsung tidak berminat mengakui serikat pekerja yang didukung oleh kelompok buruh nasional seperti CITU, dan pembicaraan dengan pekerja, serta pejabat pemerintah negara bagian, belum membuahkan hasil.

Sekretaris Jenderal Deputi CITU Tamil Nadu, S. Kannan, mengecam tindakan polisi, menyebutnya sebagai "langkah kuno oleh pemerintah negara bagian."

Meski tindakan polisi pada hari Senin, 12 kelompok serikat pekerja, termasuk salah satu yang terkait dengan partai yang berkuasa di Tamil Nadu, mengumumkan dalam pemberitahuan publik tanggal 11 September bahwa mereka akan mengadakan aksi protes untuk mendukung pekerja mogok di Chennai pada hari Rabu (18/9).

Langkah ini bisa meningkatkan ketegangan antara perusahaan dan pekerja.

Baca Juga: Microsoft akan PHK 650 Pekerja di Unit Xbox Games

"Kami akan melanjutkan aksi protes pada hari Rabu ... tidak ada perubahan pada rencana," kata A. Jenitan, sekretaris distrik deputi untuk CITU.

Protes ini menambah tantangan bagi Samsung di India, pasar pertumbuhan utama. Perusahaan Korea Selatan ini merencanakan pemotongan pekerjaan hingga 30% dari staf luar negeri di beberapa divisi, termasuk di India.

Selain itu, badan antimonopoli India telah menemukan bahwa Samsung dan perusahaan smartphone lainnya berkolusi dengan raksasa e-commerce untuk meluncurkan perangkat secara eksklusif, melanggar hukum persaingan, menurut laporan Reuters.

Samsung belum memberikan tanggapan atas permintaan komentar pada hari Senin, tetapi pada hari Jumat perusahaan mengatakan telah memulai diskusi dengan pekerja di pabrik Chennai "untuk menyelesaikan semua masalah secepatnya."

Rekaman video dari mitra Reuters, ANI menunjukkan puluhan pekerja Samsung yang mengenakan seragam biru perusahaan sedang diangkut dengan bus ke sebuah aula.

Baca Juga: Pembicaraan Samsung Elektronik dengan Serikat Pekerja Berakhir Tanpa Hasil

Pabrik Samsung ini mempekerjakan sekitar 1.800 pekerja dan lebih dari 1.000 di antaranya sedang mogok. Pabrik ini memproduksi peralatan seperti lemari es, TV, dan mesin cuci.

Pabrik Samsung lainnya yang memproduksi smartphone di negara bagian Uttar Pradesh bagian utara tidak mengalami kerusuhan.

Polisi juga menahan salah satu pemimpin senior CITU, E. Muthukumar, yang memimpin protes Samsung di pabrik dekat Chennai, menurut Jenitan dari CITU.

Pejabat polisi Kancheepuram Shanmugam mengatakan, tidak ada batas waktu mengenai berapa lama pekerja akan ditahan.

Selanjutnya: Ditopang Asuransi Kredit, Pendapatan Premi Asuransi Simas Insurtech Meningkat 140%

Menarik Dibaca: 6 Posisi Tidur Terbaik hingga Terburuk untuk Ibu Hamil yang Direkomendasikan Ahli




TERBARU
Kontan Academy
Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×