kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45770,96   1,15   0.15%
  • EMAS930.000 0,22%
  • RD.SAHAM -0.09%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.02%

LG Display catatkan kerugian pendapatan di kuartal I-2020 capai 362 miliar won


Kamis, 23 April 2020 / 17:07 WIB
LG Display catatkan kerugian pendapatan di kuartal I-2020 capai 362 miliar won
ILUSTRASI. LG Electronics

Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - SEOUL. LG Display Inc, pemasok bagi Apple Inc Korea Selatan melaporkan kerugian operasional untuk lima kali berturut-turut. Hal ini disebabkan anjloknya permintaan smartphone dan televisi karena dampak pandemi virus corona (Covid-19).

Kerugian operasional pada kuartal I-2020 tercatat melebar menjadi 362 miliar won atau setara US$ 294,70 juta dari kerugian 183 miliar won pada periode setahun sebelumnya. Jumlah tersebut sedikit lebih baik dari hasil jajak pendapatan 19 analis Refinitiv SmartEstimate yang diperkirakan kerugian LG mencapai 390 miliar won.

Kerugian yang semakin mendalam tersebut disebabkan oleh pendapatan LG Display yang turun 20% menjadi 4,7 triliun won. "Kami memperkirakan volatilitas permintaan akan meningkat, karena sektor industri terpengaruh oleh wabah Covid-19. Situasi sulit ini kemungkinan akan berlangsung lama," kata LG dalam pernyataan resminya yang dilansir Reuters, Kamis (23/4). 

Baca Juga: Facebook meluncurkan aplikasi gaming baru untuk saingi Twitch dan Youtube

Lebih lanjut, kendati permintaan smartphone dan televisi menurun, diperkirakan untuk produk teknologi informasi (TI) bakal meningkat seiring dengan masih berlanjutnya kebijakan pembatasan aktivitas publik.

Analis menilai, meskipun harga panel liquid crystal display (LCD) di industri naik ketika jumlah produksi terganggu di China, kenaikan harga tersebut hanya akan berlangsung singkat. Lantaran banyak negara produsen pesaing China yang telah melanjutkan produksi untuk memenuhi permintaan pasar.

Sebagai informasi saja, menurut data dari WitsView dari lembaga riset TrendFore mengatakan harga untuk produk utama LG Display, LCD 50 inci untuk pesawat televisi naik sekitar 1% di kuartal I 2020 dari kuartal sebelumnya.

Sebagai upaya untuk membendung kerugian, LG Display mengatakan bakal menghentikan produksi panel TV LCD dalam negeri pada akhir tahun ini. Serupa, sebelumnya Samsung Display, unit usaha Samsung Electronics Co Ltd mengatakan pada bulan Maret 2020 pihaknya akan mengakhiri produksi panel LCD pada akhir tahun ini.

Baca Juga: Setelah terhantam virus corona, pengiriman iPhone ke China melesat 19%

Akibat keputusan LG tersebut, harga saham LG Display telah jatuh lebih dari 33% secara year to date (ytd) di bursa Korea Selatan, jauh lebih rendah dari penurunan 12% pada indeks saham benchmark.




TERBARU

[X]
×