kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Makin serius menggarap mobil otonom, Toyota dan Denso bikin usaha patungan


Rabu, 10 Juli 2019 / 16:03 WIB
Makin serius menggarap mobil otonom, Toyota dan Denso bikin usaha patungan


Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - TOKYO. Toyota Motor Corp dan produsen komponen kendaraan Denso Corp telah bersepakat untuk membentuk usaha patungan guna mengembangkan semikonduktor otomotif. Kerja sama ini dijalin saat pelaku industri terus bergerak mewujudkan kendaraan otonom.

Dilansir dari Reuters, Denso yang telah lama menjadi salah satu pemasok komponen untuk Toyota Group, akan memiliki 51% saham dari perusahaan baru tersebut. Sedangkan sisanya dikempit oleh Toyota.

Dalam pernyataan perusahaan, perusahaan baru tersebut ditargetkan berdiri pada April 2020 mendatang dengan kapitalisasi sebesar 50 juta yen atau setara US$ 458.968 dan memiliki sekitar 500 karyawan.

Baca Juga: Industri otomotif berlomba mobil listrik dan otonom, BMW malah ditinggal sang CEO

Perusahaan ini nantinya akan fokus pada sejumlah komponen seperti modul daya untuk kendaraan listrik dan sensor pemantauan untuk kendaraan otomatis.

Daya komputasi kini semakin penting karena pengembangan mobil yang semakin terkoneksi satu sama lain. Sistem otonom juga akan membutuhkan kapasitas untuk menganalisa lingkungan di sekitar, menginterpretasikan data, dan kemudian membuat keputusan seperti apakah akan melakukan pengereman atau berbelok untuk menghindari rintangan. 

Semua keputusan itu harus diambil dalam tempo sepersekian detik.

Baca Juga: Wujudkan mobil otonom, Baidu menggandeng Geely dan Toyota

Sebelumnya Toyota dan Denso juga sepakat pada Juni tahun lalu untuk mengkonsolidasikan produksi dan pengembangan komponen elektronik mereka untuk meningkatkan efisiensi dan mempercepat inovasi.

Kedua perusahaan juga beraliansi dengan salah satu pemasok Toyota Group lain yakni Aisin Seiki Co Ltd, untuk mendirikan pusat pengembangan untuk mobil otonom di Tokyo pada bulan Maret tahun lalu, yang dinamai Institut Penelitian Toyota.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×