kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45897,60   4,88   0.55%
  • EMAS1.365.000 -0,22%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Malaysia Undang Xi Jinping untuk Berkunjung, Ada Apa?


Sabtu, 02 Desember 2023 / 04:46 WIB
Malaysia Undang Xi Jinping untuk Berkunjung, Ada Apa?
ILUSTRASI. Malaysia telah mengundang Presiden China Xi Jingping untuk berkunjung ke negaranya. REUTERS/Carlos Garcia Rawlins


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Malaysia telah mengundang Presiden China Xi Jingping untuk berkunjung ke negaranya. 

Hal tersebut diungkapkan oleh duta besar Malaysia untuk Beijing pada hari Jumat (1/12/2023). 

Melansir Reuters, undangan tersebut disampaikan di tengah upaya Malaysia untuk meningkatkan jumlah wisatawan China menjadi lima juta per tahun untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

Informasi saja, China dan Malaysia akan memperingati 50 tahun hubungan diplomatik bilateral mereka tahun depan.

Baru-baru ini, Malaysia mengumumkan wisatawan dari China akan dapat melakukan perjalanan bebas visa selama 30 hari, sebuah langkah yang serupa dengan yang dilakukan Thailand.

Data pemerintah menunjukkan, Malaysia menyambut 498.540 wisatawan China dalam enam bulan hingga Juni tahun ini, jumlah tersebut hampir sepertiga dari jumlah wisatawan sebelum pandemi. 

Sebagai perbandingan, Thailand memperkirakan akan ada 3,4-3,5 juta pengunjung dari Tiongkok tahun ini.

Baca Juga: China Cari Solusi Konkret untuk Solusi Dua Negara untuk Selesaikan Konflik Gaza

“Kami melihat bahwa kami mempunyai kapasitas yang besar untuk menerima wisatawan,” kata Duta Besar Norman Muhamad pada sebuah acara di Kedutaan Besar Malaysia di Beijing, seraya menambahkan bahwa tujuan tersebut tidaklah “muluk-muluk” meskipun mungkin memerlukan waktu lebih dari beberapa tahun untuk mencapainya.

“Karena kami menargetkan lebih banyak investasi dari China, perjalanan bebas visa ke Malaysia ini juga akan membantu investor China datang ke Malaysia untuk mencari peluang,” tambahnya.

Pertumbuhan ekonomi Malaysia diperkirakan akan memenuhi target pemerintah sebesar 4% tahun ini, sebagian didorong oleh kuatnya pariwisata.

Baca Juga: Pesan China ke Korea Selatan: Jangan Mempolitisasi Masalah Ekonomi

Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim juga mengundang Presiden Tiongkok Xi Jinping untuk mengunjungi negara tersebut, kata Norman.

“Kami berharap Presiden Xi bersedia mengunjungi Malaysia,” tambahnya.

Menurut foto yang dirilis oleh Kementerian Luar Negeri China, awal pekan ini, Menteri Luar Negeri China Wang Yi terlihat bergandengan tangan dengan Menteri Luar Negeri Malaysia Zambry Abdul Kadir di New York.




TERBARU

[X]
×