kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Masih dua hari lagi, IPO Saudi Aramco oversubscribed dua kali lipat lebih


Senin, 02 Desember 2019 / 21:03 WIB
Masih dua hari lagi, IPO Saudi Aramco oversubscribed dua kali lipat lebih
ILUSTRASI. Tulisan IPO Saudi Aramco' dalam konferensi pers di Plaza Conference Center, Dhahran, Arab Saudi, 3 November 2019.

Reporter: SS. Kurniawan | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - RIYADH. Investor institusi mengajukan pemesanan mencapai 144,1 miliar riyal atau sekitar US$ 38,4 miliar untuk penawaran umum perdana (IPO) Saudi Aramco. Nilai ini jauh di atas target sebesar US$ 25,6 miliar.

Raksasa minyak asal Arab Saudi tersebut membuka penawaran IPO kepada investor institusi mulai 17 November lalu hingga 4 Desember nanti. Saudi Aramco menawarkan dua miliar saham perdana kepada investor perusahaan. 

Saudi Aramco berencana menjual 1,5% sahamnya, baik kepada investor ritel maupun institusi, dengan target perolehan dana mencapai US$ 25,6 miliar. Sebanyak 1% di antaranya mereka tawarkan kepada investor institusi.

Baca Juga: Penawaran IPO Aramco oversubscribed 1,7 kali

Satu persen saham setara dua miliar saham. Dan, Samba Capital, NCB Capital, serta HSBC Arab Saudi, penasihat keuangan IPO Saudi Aramco, mengungkapkan, pesanan yang masuk dari investor institusi sejauh ini sudah 4,6 miliar saham.

Samba Capital, lead manager IPO, tidak memberikan perincian siapa investor institusi yang memesan saham Saudi Aramco. Tapi, dalam pernyataan sebelumnya, mereka mengatakan, sebagian besar pesanan datang dari perusahaan dan manajer investasi Arab Saudi, sementara investor asing hanya menyumbang 10,5% dari penawaran yang masuk hingga 28 November lalu.

Sedang masa penawaran untuk investor ritel yang berakhir pada 28 November lalu menghasilkan permintaan senilai 47,4 miliar riyal. Nilai ini setara dengan 1,5 kali jumlah saham yang Saudi Aramco tawarkan kepada investor perorangan.



Video Pilihan

TERBARU

Close [X]
×