kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Masih merugi, tapi tetap gencar menebar gerai Shopify (4)


Jumat, 23 Maret 2018 / 11:10 WIB
Masih merugi, tapi tetap gencar menebar gerai Shopify (4)
ILUSTRASI. FENOMENA - Tobias Lutke


Reporter: Galvan Yudistira | Editor: Tri Adi

KONTAN.CO.ID - Tobias Lütke gencar berekspansi dengan mengakuisisi perusahaan-perusahaan yang layanannya bisa mendorong pertumbuhan Shopify ke depannya. Bisnisnya yang kian besar membuat Shopify tidak luput dari kritikan. Lütke sempat mendapat sejumlah respons negatif dari analis. Namun kinerja bisnisnya yang positif bisa menahan sentimen negatif itu. Meski belum bisa mencetak untung lantaran banyak biaya untuk riset, Lütke optimistis ke depan bisa mencatat rapor biru.

Perkembangan bisnis Shopify kian melaju dari tahun ke tahun. Kekayaan Tobias Lütke terus bertambah salah satunya lewat kenaikan nilai saham Shopify yang tercatat di bursa New York Exchange. Menurut majalah Forbes, harga saham Shopify sejak initial public offering (IPO) di tahun 2015 hingga kini setidaknya sudah menanjak 320%.

Sebelum IPO, Lütke telah mendapat sejumlah suntikan modal dari modal ventura. Ketika IPO, Shopify mendapatkan dana segar lebih dari US$ 131 juta. Ditambah pendanaan ketika IPO, Shopify tercatat telah mengumpulkan dana sebesar US$ 253,3 juta.

Dengan modal besar ini Lütke makin gencar melakukan sejumlah akuisisi. Yang terbaru adalah akuisisi atas Oberlo senilai US$ 15 juta pada Mei 2017. Oberlo merupakan startup yang memudahan platform toko online untuk memasukkan produk dalam web dalam hitungan menit.

Selain itu sebelumnya di 2016, Lütke juga mengakuisisi tiga perusahaan yakni Tiny Hearts, Boltmade dan Kit. Tiny Hearts merupakan aplikasi studio untuk menciptakan produk mobile app dan permainan. Boltmade merupakan startup yang fokus ke pengembangan komputasi awan, riset pengalaman pengguna dan desain ponsel. Sedangkan Kit merupakan perangkat lunak kecerdasan buatan yang digunakan untuk memudahkan dalam pemasangan iklan dan pemasaran.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×