kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mendirikan yayasan untuk memberdayakan perempuan dan warga miskin (4)


Minggu, 17 Februari 2019 / 09:30 WIB
Mendirikan yayasan untuk memberdayakan perempuan dan warga miskin (4)


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Tri Adi

Kesuksesan finansial tidak membuat Ranjan Pai lupa diri. Dia tetap berkontribusi terhadap lingkungan lewat pendirian yayasan filantropi. Bahkan yayasan bernama Manipal Foundation ini berdiri di awal mula ia mengembangkan bisnis keluarga sejak tahun 2000 silam. Yayasan ini fokus pada bantuan pendidikan dan kesehatan bagi masyarakat tidak mampu dan juga imigran, khususnya pemberdayaan perempuan. Yayasan ini mengajarkan keterampilan hingga operasi gratis.

Ranjan Pai telah mengembangkan Manipal Education and Medical Group (MEMG) sejak tahun 2000 di sebuah rumah sewaan kecil di dekat MG Road, kawasan pusat bisnis Bangalore. Modal awal sebesar US$ 200.000. Selama rentang 14 tahun, ia telah mengembangkan perusahaan menjadi bisnis bernilai miliaran dollar AS. Kini Ia mampu mengantongi kekayaan bersih hingga US$ 1,9 miliar. Majalah Forbes menobatkannya sebagai orang paling tajir nomor 86 di India.

Dengan kekayaan yang melimpah, Ranjan tidak melupakan tugasnya berbagi untuk sesama. Dia dikenal sebagai orang yang berjiwa sosial. Ia membangun sebuah yayasan filantropi sejak 2001. Manipal Foundation berdiri guna membantu orang-orang kurang beruntung terutama di bidang pendidikan dan kesehatan.

Yayasan ini memberikan perawatan kesehatan, pendidikan, pelatihan keterampilan kejuruan dan pemberdayaan perempuan. Di bidang perawatan kesehatan, yayasan telah mensubsidi fasilitas kesehatan bagi yang kurang mampu termasuk operasi jantung, transplantasi ginjal, transplantasi sumsum tulang, dan prosedur neurologis dan ortopedi.

Di bidang pendidikan, yayasan menyediakan pelatihan keterampilan untuk anak-anak di sekolah negeri dan panti asuhan, pendidikan anak perempuan. Bahkan yayasan ini juga menyediakan sekolah untuk anak-anak migran dan buruh tani.

Di bidang pelatihan kejuruan, yayasan melatih dan membantu mempekerjakan individu dengan kemampuan berbeda dan mendukung peningkatan keterampilan bagi kaum muda.

Terkait pemberdayaan perempuan, yayasan ini telah membentuk unit-unit pembuatan pembalut wanita yang dijalankan oleh kelompok swadaya perempuan di daerah pedesaan. Dan menjadikan produk-produknya tersedia untuk anak perempuan dan perempuan pedesaan dengan biaya subsidi.




TERBARU

[X]
×