kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mengapa Varian Omicron Sulit Menginfeksi Sel Paru-Paru? Studi Ini Temukan Jawabannya


Selasa, 04 Januari 2022 / 14:29 WIB
Mengapa Varian Omicron Sulit Menginfeksi Sel Paru-Paru? Studi Ini Temukan Jawabannya
ILUSTRASI. Sebuah studi menemukan jawaban, mengapa varian Omicron sulit menginfeksi sel paru-paru.


Sumber: Al Jazeera | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - Sebuah tim yang mempelajari Omicron di Glasgow, Skotlandia, menemukan jawaban, mengapa varian virus corona ini sulit menginfeksi sel paru-paru seperti halnya saluran udara bagian atas. 

Mengutip Al Jazeera, tim menemukan protein penting pada sel paru-paru yang disebut TMPRSS2, yang biasanya membantu varian virus corona sebelumnya untuk masuk ke dalam sel paru-paru yang terikat kurang kuat pada Omicron.

Yang berarti, lebih sulit bagi varian Omicron untuk masuk ke dalam dan menginfeksi sel paru-paru.

Virus memasuki sel-sel yang melapisi hidung, tenggorokan, dan saluran udara bagian atas dengan cara yang berbeda. Jadi, meskipun ditemukan dalam jumlah tinggi di bagian saluran udara ini, konsentrasi virus lebih rendah di jaringan paru-paru. 

Baca Juga: Waspada! Luhut Beri Peringatan: Tak Mungkin Omicron Tidak Ada di Tengah Masyarakat

Ini mungkin juga sebagian menjelaskan mengapa varian Omicron sangat menular. Jika terkonsentrasi dalam jumlah tinggi di saluran udara bagian atas, virus lebih mungkin keluar saat orang batuk, bersin, atau bernafas dan menginfeksi orang lain.

Sementara sebuah studi gabungan Amerika Serikat dan Jepang, yang masih dalam tinjauan sejawat, melihat efek varian Omicron pada tikus dan hamster. 

Dua hewan pengerat ini memiliki reseptor ACE2 yang sama dengan manusia dan apa yang diikat oleh virus corono untuk masuk dan menginfeksi sel. 

Studi tersebut menemukan, tikus dan hamster yang terinfeksi varian Omicron memiliki kerusakan paru-paru yang lebih sedikit, kehilangan berat badan yang lebih sedikit, dan kemungkinan kematian yang lebih kecil dibanding yang terpapar Delta.

Baca Juga: Varian Omicron Lebih Ringan dari Delta, Bisa Bantu Dunia Keluar dari Pandemi?




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×