kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Mengenal virus corona, bagaimana penyebaran dan pencegahannya?


Rabu, 22 Januari 2020 / 08:20 WIB
Mengenal virus corona, bagaimana penyebaran dan pencegahannya?
ILUSTRASI. Penumpang masuk ke Stasiun Kereta Beijing menggunakan masker untuk antisipasi terinfeksi virus corona.

Sumber: CNN | Editor: Komarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - HONG KONG. Virus corona jenis baru yang masih misterius dan diduga sejenis virus SARS, telah menginfeksi lebih dari 200 orang sejak wabah dimulai di Wuhan, Cina, pada bulan Desember 2019 lalu.

Ilmuwan Leo Poon mengatakan, virus itu kemungkinan berawal dari binatang dan menyebar ke manusia.

"Apa yang kita tahu adalah itu menyebabkan pneumonia dan kemudian tidak menanggapi pengobatan antibiotik, yang tidak mengejutkan, tetapi kemudian dalam hal kematian, SARS membunuh 10% dari individu," kata Poon, yang seorang ahli virus di School of Public Health di Universitas Hong Kong.

Baca Juga: Virus baru corona makin mencemaskan, panel darurat WHO gelar pertemuan

Organisasi Kesehatan Dunia menawarkan panduan kepada negara di dunia tentang bagaimana mereka dapat bersiap untuk mengantisipasi penyebaran virus itu, termasuk bagaimana memantau orang sakit dan cara merawat pasien.

Berikut beberapa hal yang harus Anda ketahui tentang virus corona yang disarikan dari CNN:

1. Apa itu virus corona?

Virus corona adalah kelompok besar virus yang umum di antara hewan. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat atau Center for Disease Control adn Prevention (CDC), dalam kasus yang jarang terjadi, mereka disebut zoonosis oleh para ilmuwan, yang berarti dapat ditularkan dari hewan ke manusia.

2. Gejala virus corona

Virus dapat membuat orang sakit, biasanya dengan penyakit saluran pernapasan atas ringan hingga sedang, mirip dengan flu biasa. Gejala terinfeksi virus corona termasuk pilek, batuk, sakit tenggorokan, mungkin sakit kepala dan mungkin demam, yang dapat berlangsung selama beberapa hari.

Baca Juga: Begini tips dari Kementerian Kesehatan agar terhindar dari virus corona

Bagi mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, orang tua dan orang yang sangat muda, ada kemungkinan virus dapat menyebabkan penyakit saluran pernapasan yang lebih rendah dan lebih serius, seperti pneumonia atau bronkitis.




TERBARU

Close [X]
×