Sumber: Bloomberg | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
SAN FRANCISCO. Apple Inc merilis sejumlah iPad baru dan komputer Macintosh. Ini merupakan produk baru gelombang kedua yang dibesut oleh CEO Apple Tim Cook. Aksi ini merupakan langkah Cook untuk mendongkrak penjualan Apple menjelang musim liburan akhir tahun.
Apple memperkenalkan iPad Air 2 yang lebih tipis dengan ketebalan 6,1 milimeter, sama seperti iPad mini 3. Fitur unggulan tablet ini adalah sensor sidik jari dan akan hadir dengan pilihan warna emas, perak, dan abu-abu.
Perangkat canggih ini dibanderol dengan kisaran harga US$ 499 hingga US$ 829. Sedangkan iPad mini dibanderol seharga US$ 399-US$ 729.
Sebagai tambahan, Apple juga merilis iMac dengan layar 27 inci dan display retina seharga US$ 2.499. Perusahaan ini juga memperkenalkan Mac mini dengan harga dimulai US$ 499.
"Mereka yang memiliki iPad 1 dan 2 kemungkinan akan tergoda untuk upgrade ke produk yang baru. Terlepas apakah produk ini hit atau tidak, namun sangat sulit diprediksi karena pangsa pasar tablet saat ini tengah melambat," jelas Tim Bajarin, presiden Creative Strategies Inc.
Asal tahu saja, menurut daya IDC, Cook memang harus melakukan sejumlah inovasi pada iPad mereka setelah penjualan perangkat tersebut melorot selama dua kuartal berturut-turut. Pasar iPad global sudah tergerus 6,1% selama kuartal dua setelah Samsung Electronics Co dan pemain kecil lainnya menyalib penjualan Apple.
Namun, pelaku pasar tak menyambut baik langkah Apple. Pada penutupan pasar di New York, saham Apple anjlok 1,3% menjadi US$ 96,26. Sepanjang tahun ini, harga saham Apple sudah melonjak 20%.