kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45913,59   -9,90   -1.07%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Meski ada peringatan Korea Utara, Korea Selatan tetap gelar latihan militer dengan AS


Senin, 09 Agustus 2021 / 20:17 WIB
Meski ada peringatan Korea Utara, Korea Selatan tetap gelar latihan militer dengan AS
ILUSTRASI. Marinir Korea Selatan ambil bagian dalam latihan militer di Pulau Baengnyeong, dekat perbatasan laut yang disengketakan dengan Korea Utara, 7 September 2017.


Sumber: Yonhap,Yonhap | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - SEOUL. Korea Selatan memutuskan untuk melakukan latihan militer dengan Amerika Serikat (AS) seperti yang direncanakan, meskipun Korea Utara memperingatkan manuver itu akan merusak hubungan antar-Korea.

Kim Yo Jong, adik Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, sebelumnya memperingatkan, latihan militer Korea Selatan dan AS akan mengganggu suasana damai yang tercipta setelah Pyongyang memulihkan hotline yang telah lama terputus dengan Seoul.

"Kami sedang bekerja untuk menggelar latihan seperti yang direncanakan, yang merupakan latihan reguler dan diperlukan untuk postur kesiapan gabungan. Kami telah mengadakan konsultasi erat dengan AS mengenai masalah ini," kata sumber pemerintah kepada Yonhap.

Pelatihan Pos Komando Gabungan (CCPT) Korea Selatan-AS akan berlangsung pada 16-26 Agustus, setelah pelatihan staf manajemen krisis selama empat hari, yang akan dimulai pada 10 Agustus, menurut sumber pemerintah lainnya.

Korea Utara telah lama mencerca kegiatan semacam itu, mencelanya sebagai latihan militer untuk invasi.

Baca Juga: Demi denuklirisasi, AS kabarnya bakal beri keringanan sanksi untuk Korea Utara

"Latihan yang akan datang akan melibatkan jumlah pasukan minimum, yang bahkan akan lebih kecil dari latihan musim semi, dan tidak ada latihan di luar ruangan yang akan dilakukan," kata sumber itu.

Korea Selatan dan AS mengadakan latihan musim semi pada Maret lalu dengan cara yang mengurangi jumlah personel, mengingat pandemi Covid-19 dan upaya perdamaian yang melibatkan Korea Utara. 

Hanya, juru bicara Kementerian Pertahanan Korea Selatan Boo Seung-chan menyatakan, pihaknya masih membahas detail tentang latihan militer dengan AS, sambil mengikuti kondisi terkait.

Pekan lalu, Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un setuju untuk memulihkan jalur komunikasi penghubung yang telah lama terputus untuk meningkatkan hubungan lintas batas yang dingin.

Sementara beberapa anggota parlemen partai yang berkuasa dan kelompok sipil di Korea Selatan telah menyerukan untuk membatalkan atau menunda latihan militer gabungan musim panas dengan AS.

Selanjutnya: Kantor penghubung bakal dibuka lagi, Korea Utara-Korea Selatan berbaikan?




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×