kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Meski tertunda gara-gara virus corona, China penuhi kesepakatan dagang AS


Sabtu, 08 Februari 2020 / 05:00 WIB
Meski tertunda gara-gara virus corona, China penuhi kesepakatan dagang AS

Reporter: SS. Kurniawan | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Presiden China Xi Jinping mengatakan kepada Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, Tiongkok masih akan memenuhi target pembelian sesuai kesepakatan perdagangan, meski ada penundaan terkait wabah virus corona.

Mengutip Reuters, Penasihat Gedung Putih Larry Kudlow kepada Bloomberg Television, Jumat (7/2), mengungkapkan komitmen China yang Presiden Xi sampaikan melalui sambungan telepon kepada Trump tersebut.

Kudlow, yang berbicara setelah percakapan telepon antara dua pemimpin tertinggi pada Jumat (7/2), menambahkan, tidak ada ketegangan antara Washington dan Beijing mengenai penanganan wabah virus mematikan itu.

Baca Juga: Meski ada virus corona, AS harap China tetap komitmen perjanjian dagang

Sebelumnya, Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin berharap, China mempertahankan komitmennya untuk membeli barang dan jasa dari negeri uak Sam setidaknya US$ 200 miliar selama dua tahun ke depan, meski wabah virus corona baru melanda Tiongkok.

"Berdasarkan informasi saat ini, saya tidak berharap akan ada masalah untuk memenuhi komitmen mereka," kata MMnuchin dalam wawancara dengan Fox Business Network, Kamis (6/2), seperti dikutip Reuters.

China membuat komitmen untuk membeli barang AS sebagai bagian dari kesepakatan perdagangan tahap 1 dengan AS, yang kedua negara tandatangani pada pertengahan Januari lalu. Perjanjian ini meredakan perang dagang China-AS.

Baca Juga: China akan memangkas tarif impor asal AS senilai US$ 75 miliar




TERBARU

Close [X]
×