kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.409.000   3.000   0,21%
  • USD/IDR 15.400
  • IDX 7.681   8,15   0,11%
  • KOMPAS100 1.170   3,35   0,29%
  • LQ45 944   2,08   0,22%
  • ISSI 225   0,47   0,21%
  • IDX30 478   0,47   0,10%
  • IDXHIDIV20 581   0,17   0,03%
  • IDX80 132   0,44   0,34%
  • IDXV30 139   1,29   0,94%
  • IDXQ30 160   -0,09   -0,06%

Militer Bangladesh Terapkan Jam Malam, Redam Aksi Protes Mahasiswa yang Kian Memanas


Sabtu, 20 Juli 2024 / 15:55 WIB
Militer Bangladesh Terapkan Jam Malam, Redam Aksi Protes Mahasiswa yang Kian Memanas
ILUSTRASI. Peluru


Sumber: Reuters | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - DHAKA. Tentara Bangladesh berpatroli di jalan-jalan kosong di ibu kota Dhaka pada Sabtu (20/7), saat jam malam diberlakukan untuk meredakan protes mahasiswa yang telah menewaskan sedikitnya 105 orang dalam seminggu ini.

Penangguhan layanan internet dan pesan teks telah berlangsung sejak Kamis, memutuskan Bangladesh dari dunia luar. Saat polisi menindak protes yang terus berlanjut meskipun ada larangan pertemuan publik.

Panggilan telepon ke luar negeri sebagian besar gagal terhubung. Sementara situs web organisasi media yang berbasis di Bangladesh tidak memperbarui informasi dan akun media sosial mereka tetap tidak aktif.

Baca Juga: Ricuh Demonstrasi Mahasiswa di Bangladesh, Koneksi Internet Diputus Sementara

Selain kematian, bentrokan tersebut telah melukai ribuan orang, menurut data dari rumah sakit di seluruh Bangladesh.

Rumah Sakit Perguruan Tinggi Medis Dhaka menerima 27 jenazah antara pukul 17.00 dan 19.00 (1100-1200 GMT) pada Jumat.

Selama lima hari, polisi telah menembakkan gas air mata dan melemparkan granat suara untuk membubarkan pengunjuk rasa yang bentrok dengan personel keamanan, melemparkan batu bata, dan membakar kendaraan.

Demonstrasi ini - yang terbesar sejak Perdana Menteri Sheikh Hasina terpilih kembali untuk masa jabatan keempat berturut-turut tahun ini - juga dipicu oleh tingginya pengangguran di kalangan anak muda, yang mencapai hampir seperlima dari 170 juta penduduk negara Asia Selatan tersebut.

Dengan jumlah korban tewas yang terus meningkat dan polisi tidak mampu mengendalikan protes, pemerintah Hasina memberlakukan jam malam nasional dan mengerahkan militer.

Jam malam dilonggarkan selama dua jam dari siang hari pada Sabtu untuk memungkinkan orang berbelanja kebutuhan dan menyelesaikan tugas lainnya, lapor saluran televisi.

Baca Juga: Pertamina NRE Kembangkan Proyek PLTS 500 MW di Bangladesh

Jam malam akan berlangsung hingga pukul 10 pagi (0400 GMT) pada Minggu, ketika pemerintah akan mengevaluasi situasi dan memutuskan tindakan selanjutnya, tambah laporan tersebut.

Mereka yang keluar di jalanan diperiksa kartu identitasnya oleh personel militer di berbagai pos pemeriksaan, terlihat dalam rekaman TV.

Kerusuhan nasional ini meletus karena kemarahan mahasiswa terhadap kuota kontroversial untuk pekerjaan pemerintah, termasuk 30% untuk keluarga mereka yang berjuang untuk kemerdekaan dari Pakistan.

Pemerintah Hasina telah menghapus sistem kuota pada 2018, tetapi pengadilan mengembalikannya bulan lalu.

Negara mengajukan banding atas pengembalian tersebut dan Mahkamah Agung menangguhkannya selama sebulan, sambil menunggu sidang pada 7 Agustus.

Di distrik Narsingdi, Dhaka tengah, pengunjuk rasa menyerbu penjara pada Jumat dan membebaskan lebih dari 850 narapidana sebelum membakar fasilitas tersebut, lapor saluran TV, mengutip polisi. Insiden pembakaran sporadis juga dilaporkan pada Sabtu.

Baca Juga: Narendra Modi Akan Menyampaikan Kesepakatan Koalisi

Hasina membatalkan rencana untuk berangkat pada Minggu untuk kunjungan ke Spanyol dan Brasil karena protes, lapor kantor berita AFP mengutip sekretaris persnya.

Banyak pemimpin partai oposisi, aktivis, dan pengunjuk rasa mahasiswa telah ditangkap, kata Tarique Rahman, ketua sementara partai oposisi utama Bangladesh Nationalist Party yang hidup dalam pengasingan.

Polisi menangkap Nahid Islam, koordinator utama gerakan mahasiswa, pada pukul 2 pagi pada Sabtu, kata para pengunjuk rasa dalam pesan teks.

Reuters tidak dapat mengonfirmasi penangkapan tersebut secara independen.

Kelompok hak asasi internasional mengkritik penangguhan internet dan tindakan pasukan keamanan. Uni Eropa menyatakan sangat prihatin dengan kekerasan dan hilangnya nyawa.




TERBARU
Kontan Academy
Penyusunan Perjanjian & Pengikatan Jaminan Kredit serta Implikasi Positifnya terhadap Penanganan Kredit / Piutang Macet Advanced Excel Formulas & Functions

[X]
×