kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,64   6,79   0.75%
  • EMAS1.395.000 0,87%
  • RD.SAHAM 0.17%
  • RD.CAMPURAN 0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%

Militer China Lanjutkan Latihan Tempur di Sekitar Taiwan Meski Latihan Resmi Berakhir


Selasa, 11 April 2023 / 22:34 WIB
Militer China Lanjutkan Latihan Tempur di Sekitar Taiwan Meski Latihan Resmi Berakhir
Sebuah kapal perang?China mengikuti latihan militer di lepas pantai?China dekat Fuzhou, Provinsi Fujian, di seberang Kepulauan Matsu yang dikuasai Taiwan, Tiongkok, 11 April 2023.


Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  TAIPEI. Angkatan Laut China melanjutkan pelatihan tempur yang sebenarnya di sekitar Taiwan pada Selasa, sehari setelah Beijing mengumumkan akhir latihan dan saat Presiden Taiwan Tsai Ing-wen mengkritik China atas perilaku yang tidak bertanggung jawab.

China memulai latihan pada hari Sabtu setelah Tsai kembali ke Taipei setelah pertemuan di Los Angeles dengan Ketua DPR AS Kevin McCarthy.

China, yang memperingatkan AS untuk tidak mengizinkan Tsai mengunjungi atau bertemu McCarthy, mengklaim Taiwan sebagai miliknya dan tidak pernah meninggalkan penggunaan kekuatan untuk membawa pulau yang diperintah secara demokratis itu di bawah kendali Beijing. Pemerintah Taiwan sangat membantah klaim China.

Meskipun China mengatakan pada Senin malam latihan telah berakhir, televisi pemerintah mengatakan bahwa beberapa kapal perang terus melakukan pelatihan tempur yang sebenarnya di perairan sekitar Taiwan untuk menguji kemampuan organisasi dan komando para komandan di semua tingkatan dan efektivitas tempur senjata dan peralatan.

Baca Juga: Latihan Usai, Pesawat dan Kapal Militer China Masih Bertahan di Sekitar Taiwan

Kapal perang Xuzhou melakukan misi patroli kesiapan tempur di perairan timur Taiwan, melakukan pelatihan pertahanan udara dan anti-rudal, sementara di daerah lain yang tidak ditentukan, Xian melakukan pelatihan rudal over-the-horizon, kata laporan itu.

Kementerian pertahanan Taiwan mengatakan telah melihat sembilan kapal China dan 26 pesawat, termasuk pesawat tempur J-16 dan Su-30, melakukan patroli kesiapan tempur di sekitar pulau Selasa pagi.

Angkatan udara, angkatan laut, dan awak rudal berbasis pantai Taiwan memantau dan merespons dengan cermat, tambahnya.

Pemerintah Taiwan telah berulang kali mengecam latihan itu, tetapi mengatakan tidak akan memprovokasi mereka.

Menulis di halaman Facebook-nya sesaat sebelum tengah malam pada hari Senin, Tsai mengatakan bahwa sebagai presiden, "Saya mewakili negara saya kepada dunia", dan bahwa kunjungannya ke luar negeri, termasuk singgah di Amerika Serikat, bukanlah hal baru dan diharapkan oleh rakyat Taiwan.

"Namun, China menggunakan ini untuk melancarkan latihan militer, menyebabkan ketidakstabilan di Taiwan dan kawasan. Ini bukan sikap bertanggung jawab untuk negara besar di kawasan," katanya.

Baca Juga: Kapal Perang AS Berlayar di Dekat Pulau Buatan China di Laut China Selatan

China mensimulasikan serangan presisi dan blokade Taiwan selama latihan, mengirimkan puluhan jet tempur dan pembom.

Kementerian pertahanan Taiwan mengatakan bahwa pada hari Senin, 91 pesawat militer China terbang dalam misi di sekitar pulau itu.




TERBARU

[X]
×