kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,64   6,79   0.75%
  • EMAS1.395.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.17%
  • RD.CAMPURAN 0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%

Mobil Listrik Buatan China Terkena Bea Masuk Tinggi ke Uni Eropa


Kamis, 04 Juli 2024 / 21:59 WIB
Mobil Listrik Buatan China Terkena Bea Masuk Tinggi ke Uni Eropa
ILUSTRASI. Uni Eropa akan memberlakukan tarif hingga 37,6% mulai hari Jumat untuk impor kendaraan listrik buatan China. China Daily via REUTERS


Sumber: Reuters | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - BRUSSELS. Uni Eropa akan memberlakukan tarif hingga 37,6% mulai hari Jumat untuk impor kendaraan listrik buatan China, kata para pejabat Uni Eropa, meningkatkan ketegangan dengan Beijing dalam kasus perdagangan terbesar di Brussels. 

Namun, ada waktu empat bulan di mana tarif tersebut masih bersifat sementara dan pembicaraan intensif diperkirakan akan terus berlanjut di antara kedua belah pihak karena Beijing mengancam akan melakukan pembalasan yang lebih luas.

Bea masuk sementara Komisi Eropa antara 17,4% dan 37,6% tanpa penangguhan dirancang untuk mencegah apa yang dikatakan presidennya, Ursula von der Leyen, sebagai ancaman banjir mobil listrik murah yang dibangun dengan subsidi negara. 

Tarif tersebut, yang tercantum dalam dokumen setebal 208 halaman yang diterbitkan pada hari Kamis, hampir sama dengan tarif yang diumumkan oleh Komisi Eropa pada tanggal 12 Juni. 

Baca Juga: Ini Alasan Pemerintah Jerman Blokir Rencana Penjualan Anak Usaha VW ke Tiongkok

Eksekutif melakukan penyesuaian setelah perusahaan mengidentifikasi kesalahan perhitungan kecil dalam pengungkapan awal. 

Beijing mengatakan kemudian akan mengambil semua tindakan yang diperlukan untuk melindungi kepentingan China. Ini dapat mencakup tarif pembalasan atas ekspor ke China untuk produk-produk seperti cognac atau daging babi.

Kepala perdagangan Uni Eropa Valdis Dombrovskis mengatakan tidak ada dasar bagi China untuk membalas.

"Tujuan kami adalah untuk ... memastikan persaingan yang adil dan lapangan permainan yang setara," ujarnya dalam sebuah wawancara dengan Bloomberg. 

Penyelidikan anti-subsidi Uni Eropa masih menyisakan waktu empat bulan lagi. Pada akhirnya, Komisi, badan eksekutif Uni Eropa, dapat mengajukan bea masuk definitif, yang biasanya berlaku untuk lima tahun, dan para anggota Uni Eropa akan melakukan pemungutan suara.

"Pembicaraan dengan China sedang berlangsung dan memang jika solusi yang saling menguntungkan muncul, kami juga dapat menemukan cara untuk tidak menerapkan tarif pada akhirnya," kata Dombrovskis. 

Baca Juga: Produsen Mobil Listrik China BYD Buka Pabrik di Thailand

"Namun, sangat jelas bahwa solusi ini (harus) menyelesaikan distorsi pasar yang kami alami saat ini...dan solusi ini harus sesuai dengan pasar," tambahnya.

Kementerian perdagangan China mengatakan pada hari Kamis bahwa kedua belah pihak sejauh ini telah mengadakan beberapa putaran pembicaraan teknis mengenai tarif atas masalah ini.

"Kami berharap pihak Eropa dan China akan bergerak ke arah yang sama, menunjukkan ketulusan, dan mendorong maju dengan proses konsultasi sesegera mungkin," ujar He Yadong, juru bicara kementerian.

BYD menghadapi bea masuk 17,4%, Geely 19,9%, dan SAIC 37,6%, Uni Eropa mengatakan pada hari Kamis. 

Perusahaan-perusahaan yang dianggap telah bekerja sama dalam penyelidikan anti-subsidi, termasuk produsen mobil barat Tesla dan BMW, akan dikenakan tarif 20,8% dan yang tidak bekerja sama akan dikenakan tarif 37,6%.




TERBARU

[X]
×