kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Nestle jual Pure Life seharga US$ 4,3 miliar


Rabu, 17 Februari 2021 / 15:31 WIB
Nestle jual Pure Life seharga US$ 4,3 miliar
ILUSTRASI. Nestl? Pure Life.


Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - CALIFORNIA. Nestle mengumumkan pihaknya akan menjual Pure Life dan beberapa merek air mineral di kawasan Amerika Utara yang kinerjanya menurun kepada dua perusahaan ekuitas swasta seharga US$ 4,3 miliar. Melansir Reuters, Rabu (17/2) perusahaan raksasa itu menggandakan penawaran premiumnya termasuk Perrier. 

Penjualan ke One Rock Capital Partners dan Metropoulos & Co, mencakup merek-merek seperti Poland Spring, Deer Park, Ozarka, Ice Mountain, Zephyrhills, Arrowhead dan Splash serta layanan pengiriman minuman di kawasan perkantoran Amerika Serikat (AS) Refresh. 

Perrier, S.Pellegrino dan Acqua Panna, yang berkontribusi pada pemulihan pertumbuhan bisnis air minum Nestle di Amerika Utara pada kuartal III, bukan bagian dari perjanjian penjualan, menurut keterangan perusahaan. "Penjualan ini memungkinkan kami untuk menciptakan bisnis yang lebih fokus di sekitar merek premium internasional kami, air mineral alami lokal dan produk hidrasi sehat berkualitas tinggi," ujar Chief Executive Officer Nestle Mark Schneider dalam pernyataan resminya. 

Baca Juga: Kian panas, kapal perang AS melintasi pulau yang diklaim China di Laut China Selatan

Nestle, yang berkantor pusat di Vevey, Swiss mengatakan pada Juni 2020 lalu sedang menjajaki potensi penjualan sebagian dari bisnis airnya di Amerika utara. Pembicaraan Nestle dengan One Rock Capital pun sempat menjadi perbincangan hangat di awal bulan Februari 2021. 

One Rock yang berbasis di New York mengatakan Dean metropoulos, pendiri Metropoulos & Co, akan menjadi ketua dan CEO sementara Nestle Waters Amerika Utara setelah kesepakatan ditutup. "Sebagai perusahaan swasta, bisnis ini diharapkan memiliki sumber daya dan fleksibilitas yang lebih besar untuk mendorong pertumbuhan yang berkelanjutan, memperkuat operasi yang sudah ada," kata mitra One Rock Kimberly Reed. 

Divisi Nestle Waters Amerika utara memiliki sekitar 7.000 karyawan di Amerika Serikat (AS) dan lebih dari 230 di Kanada, menurut One Rock. One Rock mengelola sekitar US$ 3,2 miliar komitmen modal di tiga dana andalan, menurut laman resminya. 

Sebagai tambahan informasi saja, tahun lalu Nestle meningkatkan target penjualannya menjadi 3% setelah berhasil melampaui proyeksi pertumbuhan pada kuartal III-2020 sebesar 4,6%.

Baca Juga: Gelar latihan militer bersama Iran, kapal perang Rusia tiba di Samudera Hindia

Makanan hewan, kopi, dan produk kesehatan jadi penopang pertumbuhannya. Nestle berhasil melampaui sejumlah rivalnya selama pandemi dengan fokus kepada segmen-segmen pertumbuhan guna menambal ambruknya lini bisnis restoran.

Saingan Nestle, Danone misalnya bakal kembali meninjau target bisnisnya setelah masih membukukan penurunan penjualan 2,5% pada kuartal III-2020. Dalam keterangan resminya Nestle menyatakan bahwa produk konsumsi yang dapat dikonsumsi di rumah yang berkontribusi terhadap 15% pendapatannya memang masih tumbuh mumpuni selama pandemi.

Berbeda dengan produk yang dikonsumsi di luar rumah yang penjualannya anjlok 26,4%. Pasar Amerika disebut Nestle masih menjadi penopang utama pertumbuhan selama sembilan bulan pertama tahun 2020. Sedangkan pasar Asia mencatat pertumbuhan tipis.

Selanjutnya: UU baru pernikahan mempersulit perceraian, pasangan di China buru-buru ajukan gugatan




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×