kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45904,37   14,57   1.64%
  • EMAS1.333.000 0,45%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

OpenAI Luncurkan GPT-4o, Kecerdasan Buatan yang Bisa Merespons Percakapan


Selasa, 14 Mei 2024 / 10:37 WIB
OpenAI Luncurkan GPT-4o, Kecerdasan Buatan yang Bisa Merespons Percakapan
ILUSTRASI. ChatGPT akan segera meluncurkan kecerdasan buatan dengan kemampuan respons suara. REUTERS/Dado Ruvic/Illustration/File Photo


Sumber: Reuters | Editor: Harris Hadinata

KONTAN.CO.ID - Jagad teknologi sedang heboh. Senin (13/5) waktu Amerika Serikat (AS), pembuat ChatGPT, OpenAI, mengumumkan akan merilis model kecerdasan buatan alias artificial intelligence (AI) baru. Namanya GPT-4o.

AI baru ini mampu melakukan percakapan suara yang realistis, serta mampu berinteraksi melalui teks dan gambar. GPT-4o memiliki kemampuan audio yang memungkinkan pengguna berbicara dengan ChatGPT dan mendapatkan respons real-time tanpa penundaan.

Pengguna AI juga dapat menyela respons ChatGPT saat sedang berbicara. "Rasanya seperti AI di film, berbicara dengan komputer yang tidak pernah terasa alami bagi saya, sekarang terasa alami," tulis CEO OpenAI Sam Altman dalam postingan blognya.

Para peneliti OpenAI memamerkan secara langsung kemampuan asisten suara baru ChatGPT lewat live streaming. Dalam satu demo, ChatGPT menggunakan kemampuan penglihatan dan suaranya untuk berbicara dengan peneliti, melalui penyelesaian persamaan matematika di selembar kertas.

Baca Juga: Mike Tyson Kembali ke Ring Tinju, Melawan Youtuber Jake Paul pada 20 Juli Mendatang

Dalam demo lainnya, peneliti menunjukkan kemampuan penerjemahan bahasa secara real-time model GPT-4o. AI tersebut bahkan mampu merespons sentilan ringan yang disampaikan lawan bicaranya.

Ini ditunjukkan saat seorang peneliti mengungkap suasana hatinya sedang sangat baik karena melihat GPT-4o sangat menakjubkan. “Kamu membuatku tersipu,” respons GPT-4o.

OpenAI, yang didukung Microsoft, menghadapi persaingan dan tekanan yang semakin besar untuk memperluas basis pengguna ChatGPT.

Chief Technology Officer OpenAI Mira Murati mengatakan bahwa model baru ini akan ditawarkan secara gratis karena lebih hemat biaya dibandingkan model sebelumnya. Pengguna GPT-4o berbayar akan memiliki batasan kapasitas yang lebih besar dibandingkan pengguna gratis.

Baca Juga: Apakah China Bakal Balas Kebijakan Kenaikan Tarif Amerika? Ini Kata Janet Yellen

Model GPT-4o akan segera tersedia di ChatGPT dalam beberapa pekan ke depan.

Selain itu, pengguna ChatGPT gratis kini memiliki akses ke fitur Browse, yang memungkinkan ChatGPT menampilkan informasi terkini dari web, kata Murati kepada Reuters. Ia juga menegaskan, OpenAI tidak berniat menghasilkan uang dari iklan yang ditujukan ke pengguna gratis.




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×