kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Oxfam: Harga pangan akan meningkat dua kali lipat di 2030


Selasa, 31 Mei 2011 / 15:58 WIB
Oxfam: Harga pangan akan meningkat dua kali lipat di 2030
ILUSTRASI. Pesepeda melintas di dekat papan informasi tentang jumlah warga terpapar virus corona (COVID-19) di kawasan Kemang, Jakarta, Jumat (21/8/2020).


Sumber: BBC | Editor: Rizki Caturini

LONDON. Ancaman kenaikan harga pangan dunia di depan mata. Oxfam memprediksi, harga pangan dunia akan meningkat dua kali lipat dalam 20 tahun ke depan akan menjadi kenyataan jika para pemimpin dunia mengambil langkah untuk merubah sistem pangan dunia.

Pada 2030, rata-rata biaya panen akan meningkat antara 120% hingga 180%. Separuh dari kenaikan biaya itu akibat pemanasan global. Tentu, riset ini menjadi alarm bagi para pemimpin dunia untuk memperbaiki regulasi pangan dunia dan meningkatkan investasi yang bertujuan mengurangi dampak perubahan iklim ekstrem.

"Sistem pasokan pangan dunia harus dirombak jika ingin mengatasi perubahan iklim, lonjakan harga pangan, kelangkaan lahan, air dan energi," ujar Barbara Stocking Direktur Eksekutif Oxfam.

Dalam laporannya, Oxfam memberi panduan kepada para pemimpin dunia untuk bisa mengatasi permasalahan ini. Keempat saran itu antara lain :

1. Meningkatkan transparansi pasar komoditi dan regulasi di bursa komoditi
2. Menghitung sumber daya alam untuk produksi pangan
3. Mengakhiri kebijakan dalam mempromosikan biofuel
4. Memberdayakan petani-petani kecil di daerah-daerah, khususnya pada pekerja wanita


Di riset ini, Oxfam memaparkan negara seperti Guatemala, Azerbaijan dan Afrika Selatan sudah menghadapi krisis pangan. Sementara penduduk di India, harus mengeluarkan dana dua kali lipat dari pendapatan mereka untuk membeli makanan dibanding masyarakat di Inggris.

Ke depannya, dalam acara United Nation Climate Summit di Afrika Selatan pada Desember 2011, para pemimpin dunia harus segera menerbitkan pendanaan untuk menurunkan efek perubahan iklim. "Dan memberi fasilitas pada dunia untuk menanam bahan pangan," ujar Stocking.




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×