kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Parlemen Jerman Setujui Bantuan € 22.4 miliar ke Yunani


Jumat, 07 Mei 2010 / 18:40 WIB
Parlemen Jerman Setujui Bantuan € 22.4 miliar ke Yunani

Reporter: Dessy Rosalina, Bloomberg | Editor: Syamsul Azhar

BERLIN. Anggota parlemen Jerman hari ini resmi menyetujui mengucurkan pinjaman sebanyak €22.4 miliar atau US$ 28.6 miliar untuk membatu penyelesaian krisis utang Yunani.

Sejumlah 390 Majelis rendah parlemen Jerman menyetujui pengucuran duit tersebut. Sedangkan 72 menolak aksi bantuan Jerman tersebut.

Nantinya, kucuran duit dari Jerman ini akan menjadi bagian dari persetujuan bailout dari Uni Eropa ke Yunani sebesar € 110 miliar yang dilaksanakan bersama-sama dengan Dana Moneter Internasional (IMF)

Ini baru hasil kesepakatan DPR, sedangkan majelis tinggi masih akan menggelar voting setelah pukul 1 siang waktu setempat.

Menteri Keuangan Jerman, Wolfgang Schaeuble kepada DPR menyatakan, bila Jerman membiarkan krisis utang Yunani akan menjadi momok menakutkan bagi kestabilan ekonomi Eropa. "Kita tidak punya alternatif lain. Cara lain akan lebih membahayakan tandas Schaeuble.

Voting dilakukan parlemen beberapa jam paska pertemuan para pemimpin Eropa di Brussels dalam rangka evaluasi proses bailout dan pencegahan meluasnya dampak krisis Yunani lantaran mata uang Euro jatuh ke level terendahnya selama 14 bulan terakhir.



Video Pilihan

TERBARU

Close [X]
×