kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.444.000   1.000   0,07%
  • USD/IDR 15.359   78,00   0,51%
  • IDX 7.827   14,92   0,19%
  • KOMPAS100 1.192   7,62   0,64%
  • LQ45 965   5,67   0,59%
  • ISSI 228   1,21   0,53%
  • IDX30 493   3,56   0,73%
  • IDXHIDIV20 593   2,41   0,41%
  • IDX80 135   0,90   0,67%
  • IDXV30 139   0,51   0,37%
  • IDXQ30 164   0,94   0,57%

Pasang Surut Persahabatan Selama 30 Tahun Bill Gates dan Warren Buffett


Selasa, 10 September 2024 / 11:45 WIB
Pasang Surut Persahabatan Selama 30 Tahun Bill Gates dan Warren Buffett
ILUSTRASI. Warren Buffett dan Bill Gates, yang termasuk dalam jajaran orang terkaya di dunia, telah menjalin persahabatan selama beberapa dekade. REUTERS/Shannon Stapleton


Sumber: businessinsider.com | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Warren Buffett dan Bill Gates, yang termasuk dalam jajaran orang terkaya di dunia, telah menjalin persahabatan selama beberapa dekade.

Dimulai pada tahun 1990-an, hubungan mereka telah menghasilkan kerjasama bisnis dan filantropi yang berdampak besar. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, baik hubungan bisnis maupun pribadi mereka tampak merenggang. Berikut adalah perjalanan hubungan mereka dan apa yang terjadi di balik layar.

Awal Persahabatan

Persahabatan antara Gates dan Buffett dimulai pada 5 Juli 1991, ketika ibu Gates, Mary, mengundang Meg Greenfield, seorang editor Washington Post, ke rumah mereka.

Greenfield berencana membawa Buffett, yang pada saat itu belum begitu dikenal Gates. Meskipun Gates awalnya enggan untuk menghadiri acara tersebut karena kesibukan pekerjaan, ia akhirnya memutuskan untuk hadir, terutama karena Greenfield juga akan membawa Katharine Graham, penerbit terkenal Post.

Baca Juga: Tiga Saham yang Dijual Warren Buffett Saat Resesi Mendekat

Saat itu, Buffett juga tidak antusias untuk bertemu Gates. Ia bahkan meragukan relevansi pertemuan tersebut, namun keduanya segera merasa cocok. Gates terkesan dengan pertanyaan Buffett, seperti “Jika Anda membangun IBM dari awal, bagaimana tampilannya?” Pertemuan ini menandai awal dari sebuah persahabatan dan mentor yang mendalam.

Persahabatan dan Mentorship

Setelah pertemuan pertama mereka, Gates dan Buffett sering bertukar ide dan pengalaman. Gates meminta rekomendasi buku bisnis dari Buffett, dan Buffett meminjamkan salinan buku "Business Adventures" oleh John Brooks, yang kemudian menjadi buku favorit Gates.

Pada tahun 2004, Gates bergabung dengan dewan direksi Berkshire Hathaway, perusahaan yang dipimpin oleh Buffett, setelah kematian istri pertama Buffett yang merupakan anggota dewan.

Kolaborasi Filantropi

Gates dan Buffett tidak hanya berbagi minat dalam bisnis tetapi juga dalam filantropi. Pada tahun 2010, mereka bersama Melinda Gates mendirikan The Giving Pledge, sebuah inisiatif yang mendorong miliarder untuk mendonasikan sebagian besar kekayaan mereka untuk amal selama hidup mereka atau melalui wasiat mereka. Hingga kini, sekitar $600 miliar telah dijanjikan.

Buffett juga telah menyumbangkan miliaran dolar ke Bill & Melinda Gates Foundation, dengan komitmen memberikan 99% dari kekayaannya untuk filantropi, dan Gates Foundation menjadi penerima terbesar dari sumbangan tersebut.

Baca Juga: Bill Gates: Pensiun Terdengar Mengerikan dan Ingin Bekerja 30 Tahun Lagi

Perubahan Dinamika Hubungan

Namun, dalam beberapa tahun terakhir, dinamika hubungan mereka tampaknya mengalami perubahan. Laporan dari The New York Times pada Agustus menyebutkan bahwa Buffett mulai merasa Gates Foundation terlalu birokratis dan kurang produktif dalam filantropi. Buffett juga merasa kecewa mendengar bahwa beberapa orang menganggap Gates kurang sopan.

Setelah kematian Jeffrey Epstein pada tahun 2019, terungkap bahwa Gates telah bertemu dengan Epstein beberapa kali. Gates kemudian mengakui bahwa pertemuan tersebut merupakan "kesalahan besar" dan hanya untuk tujuan filantropi.

Perubahan Pribadi dan Profesional

Pada tahun 2021, Gates mengumumkan perceraian dari istrinya setelah 27 tahun pernikahan. Tak lama setelah itu, Buffett mengundurkan diri dari dewan tiga orang di Bill & Melinda Gates Foundation, dengan alasan bahwa partisipasinya secara fisik tidak diperlukan lagi.

Buffett menyatakan bahwa komitmennya untuk Gates Foundation hanya berlaku selama ia hidup, dan dalam rencana distribusi kekayaannya setelah kematiannya, Buffett tidak menyebutkan Gates Foundation. Anak-anak Buffett juga sepakat bahwa sisa saham Berkshire tidak akan disumbangkan ke foundation.

Baca Juga: 7 Tips Jitu Mengatur Keuangan dari Miliarder Bill Gates

Gates telah berhenti memposting banyak hal tentang Buffett

Di blognya, Gates pernah menulis secara teratur tentang Buffett. Pada tahun 2018, ia menulis tentang bagaimana kedua sahabat ini mengunjungi toko permen yang "fantastis" di Ohama, tempat Buffett tinggal dan bekerja.

Pada tahun 2019, Gates menulis sebuah tulisan berjudul "Memanggang dan bersantai bersama Warren." Pada tahun 2020, Gates mengucapkan selamat ulang tahun ke-90 kepada Buffet. Ucapan tersebut menyertakan foto dirinya yang sedang memegang kue dengan wajah Buffett di atasnya.

Namun, beberapa unggahan dari tahun 2021 dan 2022 yang menyebutkan Buffett benar-benar hanya tentang bisnis. Alih-alih menulis tentang perjalanan konyol, Gates justru berterima kasih kepada Buffett atas kontribusinya yang besar kepada Gates Foundation.

Pada tahun 2023, Gates tidak menyebut Buffett dalam satu postingan pun. Dan dalam 20 lebih postingannya di tahun 2024, Gates hanya menyebut Buffett satu kali, sekali lagi hanya berfokus pada filantropi.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management Principles (SCMP) Mastering Management and Strategic Leadership (MiniMBA 2024)

[X]
×