kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pasar Saham AS Masih akan Diwarnai Pro dan Kontra Arah Kebijakan The Fed


Senin, 09 Januari 2023 / 16:21 WIB
Pasar Saham AS Masih akan Diwarnai Pro dan Kontra Arah Kebijakan The Fed
Pasar Saham AS Masih akan Diwarnai Pro dan Kontra Arah Kebijakan The Fed


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  NEW YORK. Arah kebijakan bank sentral Amerika Serikat (AS) masih menjadi penggerak utama kinerja saham. Awal tahun ini, bursa saham Amerika Serikat mulai memberikan optimisme kenaikan. 

Salah satu pemicunya adalah Investor berspekulasi bahwa perlambatan pertumbuhan upah tenaga kerja AS akan membuat Federal Reserve melonggarkan agresivitas kenaikan suku bunganya. Kenaikan itu masih ditopang dari saham teknologi yang menjadi big cap, mengutip Bloomberg pada Senin (9/1). 

Namun ada juga catatan FOMC yang membuat pasar juga jiper, para pejabat The Fed tetap akan memerangi inflasi hingga bisa turun di bawah 2%. Sehingga, mereka tidak mengharapkan penurunan suku bunga di 2023.

Baca Juga: Bursa Asia Menguat Pada Perdagangan Senin (9/1) Pagi

Pada akhir pekan pertama tahun ini, sektor industri berhasil bangkit seiring data laporan ketenagakerjaan terbaru yang menunjukkan perlambatan dan kenaikan upah. Ini menjadi spekulasi The Fed akan segera menyelesaikan pengetatan kebijakannya. 

Maklum, sektor teknologi keluar sebagai kelompok paling menderita akibat kenaikan suku bunga. Jadi tidak mengherankan, Indeks Nasdaq 100 yang padat teknologi mengalami kinerja terbaiknya sejak 30 November.

“Bahkan kemajuan kecil dalam valuasi teknologi akan berarti bagi saham AS. Itu akan menjadi positif, tidak hanya untuk investor teknologi tapi juga bagi S&P yang lebih luas,” kata Gary Bradshaw, manajer portofolio di Hodges Capital Management di Dallas, Texas.

Kejelasan lebih lanjut kemungkinan akan datang minggu ini ketika investor mendapatkan pembaruan terbaru mengenai inflasi. Sebuah survei Bloomberg terhadap 12 ekonom menyerukan kenaikan 6,5% pada Indeks Harga Konsumen pada bulan Desember, turun dari level 9,1% pada bulan Juni. 

Baca Juga: Awas, IHSG Hari Ini (6/1) Turun Lagi, Berikut Pilihan Saham Yang Perlu Dipantau

Sebuah survei Universitas Michigan terhadap konsumen AS menunjukkan ekspektasi inflasi tahun depan turun ke level terendah sejak Juni 2021 bulan lalu. Adapun kinerja S&P 500 telah kehilangan kapitalisasi pasar 6,7% antara awal Desember hingga Kamis (5/1). 

Lantaran dengan dua raksasa emiten teknologi Apple Inc dan Tesla Inc bertanggung jawab atas sepertiga dari penurunan tersebut. Ini menunjukkan betapa kuatnya cengkeraman megacaps teknologi di pasar yang lebih luas.

"Jika Fed berhasil mengendalikan inflasi, sektor teknologi memiliki peluang untuk menjadi pemimpin pasar. Tetapi The Fed masih menyesuaikan kebijakannya setidaknya selama enam hingga delapan bulan lagi," kata Chris Zaccarelli, kepala investasi di Independent Advisor Alliance.




TERBARU

[X]
×