kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

PBB: Menghentikan Bantuan ke Suriah Bisa Memicu Bencana


Rabu, 06 Juli 2022 / 14:17 WIB
PBB: Menghentikan Bantuan ke Suriah Bisa Memicu Bencana
ILUSTRASI. Bendera nasional bergambar Presiden Suriah Bashar al-Assad berkibar di sebuah pos pemeriksaan di Douma, di pinggiran timur Damaskus, Suriah, 10 Maret 2021. REUTERS/Omar Sanadiki.


Sumber: The Straits Times | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Badan bantuan PBB memperingatkan kepada dunia, bencana bisa terjadi di Suriah jika saluran bantuan ke negara konflik itu ditutup. Jutaan penduduk Suriah bisa menjadi korban atas krisis pangan yang parah.

Mark Cutts, Wakil Koordinator Kemanusiaan Regional PBB untuk Krisis Suriah pada Rabu (6/7) menegaskan, Suriah memiliki populasi paling rentan di dunia.

Peringatan Cutts ini disampaikan menjelang pemungutan suara Dewan Keamanan PBB pada Kamis (7/7) tentang pembaruan otorisasi PBB untuk memberikan bantuan ke Suriah.

Saat ini, PBB masih memiliki otoritas untuk memberikan bantuan melalui penyeberangan Bab al-Hawa. Namun, mandatnya akan secara resmi pada 10 Juli mendatang.

Baca Juga: Terima Dukungan Penuh dari AS, Israel Bentuk Aliansi Pertahanan Udara Regional

Dilansir dari The Straits Times, Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan (OCHA) mengatakan, ada lebih dari 4.600 truk bantuan telah melintasi jalur tersebut sepanjang tahun ini. Sebagian besar truk membawa makanan dan disebut telah berhasil membantu sekitar 2,4 juta orang.

Resolusi PBB yang mengizinkan pengiriman bantuan melintasi perbatasan Suriah-Turki di Bab al-Hawa ini telah berlaku sejak 2014.

Sayangnya, perpanjangan otoritas PBB dalam program bantuan ini kemungkinan besar akan sulit dicapai karena ada ketegangan tinggi di antara para anggota Dewan Keamanan akibat perang di Ukraina.

"Kami tahu hal-hal tahun ini bahkan lebih dipolitisasi daripada tahun-tahun sebelumnya. Ketegangan sangat tinggi dengan perang di Ukraina," ungkap Cutts.

Baca Juga: Sekjen PBB Mengimbau Dunia untuk Tidak Melupakan Konflik di Suriah

Terhalang Izin Rusia

Rusia, yang merupakan sekutu dekat Suriah, mengusulkan rancangan perpanjangan otorisasi selama enam bulan. Sementara Irlandia dan Norwegia telah mengusulkan periode satu tahun.

Rusia dalam beberapa tahun terakhir ini juga memaksa agar akses penyeberangan ke Suriah dikurangi, dengan alasan akses tersebut melanggar kedaulatan Suriah.

Baca Juga: Rudal Israel Kembali Hujani Suriah, Targetkan Kota Damaskus




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×