kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45901,12   2,37   0.26%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pejabat India: Tentara dipukul dengan pentungan paku dan batu oleh pasukan China


Kamis, 18 Juni 2020 / 06:51 WIB
Pejabat India: Tentara dipukul dengan pentungan paku dan batu oleh pasukan China
ILUSTRASI. Unjuk rasa anti China di India. REUTERS/Anushree Fadnavis


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - NEW DELHI/BEIJING. India dan China mengatakan mereka menginginkan perdamaian. Akan tetapi, mereka saling menyalahkan setelah tentara dari kedua belah pihak saling berperang secara kejam dengan tongkat bertatahkan paku dan batu di perbatasan Himalaya mereka, menewaskan sedikitnya 20 orang pasukan India.

"Kami tidak pernah memprovokasi siapa pun," kata Perdana Menteri India Narendra Modi di televisi nasional, merujuk pada pertempuran Senin tangan kosong. "Seharusnya tidak ada keraguan bahwa India menginginkan perdamaian, tetapi jika diprovokasi, India akan memberikan tanggapan yang sesuai."

Melansir Reuters, di Beijing, juru bicara kementerian luar negeri Zhao Lijian mengatakan bentrokan meletus setelah tentara India melewati batas, bertindak secara ilegal, memprovokasi dan menyerang China, yang mengakibatkan kedua belah pihak terlibat dalam konflik fisik yang serius dan cedera dan kematian.

Baca Juga: PM India: Kami tak mau konflik dengan China, tapi siap berperang jika diprovokasi

Dia mengatakan dia tidak mengetahui adanya korban dari pihak Tiongkok, meskipun media India mengutip para pejabat yang mengatakan sedikitnya 45 orang tewas atau terluka di pihak Tiongkok.

Zhao mengatakan situasi keseluruhan di perbatasan stabil dan dapat dikendalikan.

Di bawah kesepakatan lama antara dua raksasa Asia yang bersenjata nuklir itu, tidak ada tembakan di perbatasan, tetapi ada beberapa bentrokan dalam beberapa tahun terakhir di antara patroli perbatasan.

Baca Juga: Inilah penjelasan lengkap konflik tentara India vs China

Menurut pejabat India, tentara dipukuli dengan pentungan bertabur paku dan batu selama perkelahian yang meletus di Lembah Galwan yang terpencil, jauh di pegunungan di mana wilayah Ladakh India berbatasan dengan wilayah Aksai Chin yang direbut oleh China selama perang 1962.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×