Pelaksanaan Asian Games 2022 di Hangzhou, China Resmi Ditunda

Jumat, 06 Mei 2022 | 16:08 WIB Sumber: South China Morning Post
Pelaksanaan Asian Games 2022 di Hangzhou, China Resmi Ditunda

ILUSTRASI. Suasana pesta kembang api saat penutupan SEA Games 2019 di Stadion Atletik New Clark City, Tarlac, Filipina, Rabu (11/12/2019). Pelaksanaan Asian Games 2022 di China Resmi Ditunda.

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Dewan Olimpiade Asia pada hari Jumat (6/5) mengatakan, Asia Games 2022 yang dijadwalkan diadakan di Kota Hangzhou, China, ditunda hingga tahun depan. Berita ini pertama kali dilansir media pemerintah China, mengutip pernyataan dari situ resmi Olimpiade.

"Dewan Olimpiade Asia (OCA) telah mengumumkan bahwa Asian Games ke-19, yang semula dijadwalkan diadakan di Hangzhou, China pada 10 hingga 25 September 2022, akan ditunda," kata pernyataan itu.

Tanggal baru untuk kontes olahraga "akan diumumkan di kemudian hari", pernyataan itu menambahkan. Keputusan untuk menunda Olimpiade diambil pada pertemuan dewan eksekutif OCA di Tashkent pada hari Jumat.

OCA mengatakan dalam pernyataannya bahwa keputusan untuk menunda diambil oleh semua pemangku kepentingan setelah mempertimbangkan dengan cermat situasi pandemi dan ukuran Olimpiade.

Baca Juga: Ini Dia Sosok Perempuan di Balik Games Viral Shopee yang Mendunia

OCA juga mengatakan bahwa Asian Youth Games, yang dijadwalkan akan diadakan pada bulan Desember di kota Shantou, China, akan dibatalkan karena telah ditunda satu kali.

Penyelenggara Hangzhou mengatakan pada awal April bahwa semua 56 tempat kompetisi untuk Olimpiade telah selesai dan acara uji coba berlanjut saat kota tepi danau bersiap untuk menampung lebih dari 11.000 atlet dari 44 negara dan wilayah.

Berita itu muncul sehari setelah Post secara eksklusif mengungkapkan bahwa World University Games ditunda hingga tahun depan.

China telah berjuang dengan gelombang baru Covid-19 yang didorong oleh varian Omicron.

Baca Juga: Kolaborasi Telkomsel, INDICO dan Melon Indonesia Hadirkan Turnamen eSports

Pada akhir Maret, pusat keuangan Shanghai memasuki penguncian mendadak dengan 25 juta penduduknya diperintahkan untuk tinggal di rumah. Pembatasan tetap berlaku di sebagian besar kota.

Seorang juru bicara Institut Olahraga Hong Kong mengatakan mereka masih menunggu pengumuman resmi dari Dewan Olimpiade.

Editor: Noverius Laoli

Terbaru