kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pemerintah Australia akan menaikkan dana hibah pelaku usaha terdampak kebakaran


Senin, 20 Januari 2020 / 17:16 WIB
Pemerintah Australia akan menaikkan dana hibah pelaku usaha terdampak kebakaran
ILUSTRASI. Ilustrasi kebakaran hutan di Australia.


Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - SYDNEY. Australia awal pekan ini berniat untuk meningkatkan dana darurat untuk usaha kecil yang dilanda kebakaran hutan yang melanda selama beberapa bulan terakhir. Mengutip Reuters, Senin (20/1) ada peningkatan biaya yang muncul akibat bencana. Praktis, hal ini menimbulkan keraguan pemerintah Australia untuk merealisasikan surplus anggaran yang dijanjikan.

Meski begitu, dampak kebakaran di Australia terbilang parah. Setidaknya, sebanyak 29 orang dan jutaan hewan meninggal dunia. Kebakaran juga menghancurkan lebih dari 2.500 rumah dan meratakan wilayah sekitar sepertiga ukuran Jerman. Kebakaran yang terjadi sejak September 2019 tersebut hingga kini masih membakar wilayah di pantai timur, kendati baru-baru ini hujan turun.

Baca Juga: Dampak kebakaran, pemerintah Australia akan bantu secara finansial sektor pariwisata

Selain itu, jadwal kejuaraan tenis Australia Open juga terhambat lantaran kualitas udara memburuk di kawasan Melbourne pada hari Senin akibat asap tebal. Akibat kejadian ini, persiapan kejuaraan tersebut pun terganggu sejak pekan lalu dan memaksa satu pemain untuk pensiun dari kualifikasi.

"Saya benar-benar khawatir, hal ini masih menjadi perhatian bagi hampir semua orang," ujar juara Australia Open tujuh kali Serena Williams.

Perbaikan anggaran setelah defisit bertahun-tahun merupakan salah satu dari janji pemerintah menjelang pemilihan tahun lalu. Namun, Bendahara Josh Frydenberg mengelak pertanyaan terkait apakah surplus US$ 5 miliar yang dijanjikan hingga Juni 2020 dapat tercapai.

"Saya tidak dalam posisi untuk memberikan jawaban tegas atas pernyataan itu, karena dampak ekonomi masih belum dipastikan. Fokus kami bukan pada surplus," ujarnya.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×