kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45784,56   -4,98   -0.63%
  • EMAS937.000 -0,32%
  • RD.SAHAM -0.36%
  • RD.CAMPURAN -0.47%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.07%

Dampak kebakaran, pemerintah Australia akan bantu secara finansial sektor pariwisata


Minggu, 19 Januari 2020 / 13:29 WIB
Dampak kebakaran, pemerintah Australia akan bantu secara finansial sektor pariwisata
ILUSTRASI. Pemerintah Australia akan bantu secara finansial sektor pariwisata yang terdampak kebakaran hutan. REUTERS/Tracey Nearmy TPX IMAGES OF THE DAY

Sumber: Reuters | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - MELBOURNE. Pemerintah Australia mengatakan pada hari Minggu bahwa secara finansial akan membantu sektor pariwisata negara itu yang sangat terpukul akibat kebakaran hutan yang berlangsung lama.

Namun, hujan baru-baru ini telah menyebabkan jumlah kebakaran di pantai timur dan selatan Australia menjadi di bawah 100 untuk pertama kalinya dalam beberapa minggu, meredakan bencana yang menghanguskan wilayah yang kira-kira sepertiga ukuran Jerman.

Baca Juga: Klaim asuransi kebakaran di Australia melonjak

Pemerintah Australia mengatakan pada hari Minggu akan menyalurkan A$ 76 juta ke industri pariwisata. Tercatat, dua puluh sembilan orang telah tewas dalam kebakaran sementara ribuan hewan juga tewas.

Kekhawatiran asap dari kebakaran yang mengganggu Australia Terbuka surut di Melbourne di mana Grand Slam pertama tahun ini dimulai pada hari Senin, tetapi kota dan bagian-bagian Victoria yang dilanda kebakaran hutan sedang bersiap-siap menghadapi hujan lebat.

"Victoria akan melihat periode dua hari terbasah dalam banyak, berbulan-bulan," kata Dean Narramore dari Biro Meteorologi wilayah setempat.

Baca Juga: Kebakaran hutan Australia, ribuan orang terjebak di pinggir pantai

Kerusakan pada industri pariwisata akibat bencana kebakaran hutan telah mendekati A$ 1 miliar sejauh ini dan mungkin mencapai di atas A$ 4,5 miliar pada akhir tahun ini, menurut perkiraan dari badan-badan pariwisata Australia.

Pemerintah mengatakan bantuan yang diumumkan pada hari Minggu adalah "dorongan awal" untuk membantu industri pariwisata negara itu senilai A$ 152 miliar, bagian yang semakin vital dari ekonomi Australia, yang menyumbang lebih dari 3% dari hasil ekonomi tahunan.

Dalam pernyataan bersama yang dirilis dengan Perdana Menteri Scott Morrison, Menteri Pariwisata Simon Birmingham mengatakan kebakaran hutan telah memberikan pukulan reputasi terbesar bagi industri pariwisata Australia yang pernah dihadapi secara internasional.

Baca Juga: Kebakaran hutan Australia kian mencekam, 4.000 orang menyelamatkan diri ke pantai



TERBARU

[X]
×