kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong Un Semakin Kurus dan Berjalan Pincang


Rabu, 02 Februari 2022 / 06:44 WIB
Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong Un Semakin Kurus dan Berjalan Pincang
ILUSTRASI. Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong Un Semakin Kurus dan Berjalan Pincang


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Soul. Pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong Un disinyalir mengalami masalah kesehatan. Masalah itu terlihat dari Kim Jong Un yang berjalan pincang.

Sebuah siaran dokumenter Korea Utara pada Selasa (1/2/2022) menunjukkan Kim Jong Un berjalan pincang saat dia menangani "kesulitan terburuk" negara miskin itu di tengah pandemi virus corona dan sanksi atas program senjatanya. Berjudul "The Great Year of Victory, 2021", film berdurasi 110 menit itu mencatat serangkaian pencapaian sepanjang tahun termasuk dalam pengembangan rudal, konstruksi, dan upaya untuk mengalahkan pandemi.

Narator berulang kali memuji proyek semacam itu sebagai tanda "kemenangan" yang dipimpin oleh Kim Jong Un yang terlihat lebih kurus. Narasi itu sejalan dengan film dokumenter sebelumnya yang digunakan oleh media pemerintah Korea Utara untuk membuat kultus kepribadian semi-ilahi di Kim Jong Un.

Film tersebut tidak merinci kesulitan yang dihadapi Korea Utara yang tertutup, tidak seperti Korea Selatan yang kaya dan demokratis. Sementara menurut badan-badan PBB, negara otoriter itu menghadapi kekurangan pangan yang semakin dalam di tengah sanksi, kekeringan dan banjir.

Korea Utara belum mengonfirmasi kasus Covid-19, tetapi telah menutup perbatasannya sebagai tanggapan atas merebaknya virus Covid-19. Korea Utara terus mengembangkan sistem senjatanya di tengah kebuntuan pembicaraan untuk membongkar persenjataan nuklir dan rudal balistiknya, sebagai imbalan atas keringanan sanksi AS dan PBB.

Baca Juga: Lagi-lagi! Korea Utara Uji Coba Rudal Jarak Jauh, Kali Ini Terbesar Sejak 2017

Pada satu titik dalam film tersebut, Kim Jong Un terlihat berjuang untuk berjalan menuruni tangga darurat selama kunjungan ke lokasi konstruksi yang hujan. "Video ini menunjukkan sisi keibuannya di mana dia sepenuhnya mendedikasikan tubuhnya sendiri untuk mewujudkan impian orang-orang," kata narator melansir Reuters pada Selasa (1/2/2022).

Film tersebut tidak secara langsung merujuk pada penurunan berat badan Kim Jong Un, tetapi ia tampak semakin kurus dalam foto-foto media pemerintah baru-baru ini. Pada Juni, media pemerintah mengatakan warga Korea Utara “patah hati” melihat Kim Jong Un yang “kurus” dalam penampilan langkanya.

Kim Jong Un muncul kembali setelah absen dari mata publik selama hampir sebulan. Media internasional, badan intelijen, dan pakar mengamati dengan cermat kesehatan Kim Jong Un, karena cengkeramannya yang kuat pada kekuasaan dan ketidakpastian atas rencana suksesi.

Film dokumenter itu juga menunjukkan Kim Jong Un menyaksikan matahari terbit sendirian sambil menunggang kuda putih di pantai. Di perjalanan lain, Kim Jong Un terlihat bersama pejabat militer termasuk Pak Jong Chon, kepala Staf Umum Tentara Rakyat Korea, diikuti dengan klip tank yang melakukan latihan tembakan langsung.

Film tersebut mencakup gambar langka dari gedung pencakar langit baru berlantai 80 dan distrik apartemen besar Korea Utara. Ada juga beberapa klip dan gambar pameran pertahanan pada Oktober dan uji coba rudal sebelumnya.

Pada Desember, Kim Jong Un mengatakan partai yang berkuasa memiliki beberapa keberhasilan dalam menerapkan rencana ekonomi lima tahun yang dia ungkapkan awal tahun lalu. Tetapi di saat yang sama dia memperingatkan ada "perjuangan yang sangat besar" tahun ini, menyalahkan pandemi dan kesulitan ekonomi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Buat Film Klaim Keberhasilan Atasi Masa Sulit 2021, Kim Jong Un Disorot karena Jalan Tertatih",


Penulis : Bernadette Aderi Puspaningrum
Editor : Bernadette Aderi Puspaningrum




TERBARU

[X]
×